HUKUM KRIMINAL

Bayi Mungil di Atas Karung Putih Sengaja Dibuang di Sawah

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Magetan–Seorang bayi diduga sengaja dibuang orangtuanya di area persawahan Desa/Kecamatan Kartoharjo, Magetan, Jawa Timur.

Orangtua biadab tersebut membuangnya tepat di tepi jalan setapak menuju Desa Jajar.
Bayi berjenis kelamin perempuan itu kali pertama ditemukan Jumadi, 63, warga Desa Gunungan, di sekitar sawah miliknya.
Bermula saat Jumadi memantau kondisi sawah pada pukul 05.00. Sekitar setengah jam berselang dilihatnya sesosok bayi terbaring di dekat mesin diesel.
Bayi seberat 2,3 kilogram dan panjang 48 sentimeter tanpa mengenakan pakaian dan tali pusarnya belum diputus itu diletakkan di atas karung putih.
Saat itu, si jabang bayi tampak bergerak-gerak, tidak menangis.
Mengetahui hal itu Jumadi langsung melapor ke polsek yang lokasinya berjarak kurang dari satu kilometer dari tempat kejadian perkara (TKP). Tidak berselang lama dia kembali ke lokasi, disusul polisi dan petugas puskesmas setempat yang melakukan pemeriksaan.
Bayi yang sebelumnya diam itu mendadak menangis ketika diangkat petugas, kemudian tubuhnya dibungkus kain.
‘’Langsung dibawa ke puskesmas untuk perawatan,’’ ucap Sujito, salah seorang warga, di tengah kerumunan orang yang melihat temuan bayi malang itu di TKP, kemarin.
Sujito menduga bayi itu hasil hubungan gelap. Namun, dia tidak bisa memastikan apakah pelakunya warga sekitar desa. ”Kalau malam memang sepi dan remang-remang dari lampu penerangan jalan desa,’’ katanya kepada Radar Magetan (Jawa Pos Group) kemarin.
Kasatreskrim Polres Magetan AKP Partono menyatakan, dugaan sementara bayi sengaja dibuang orang tuanya. Itu berdasar hasil olah TKP dan keterangan saksi. Proses kelahiran bayi itu diduga belum genap satu hari. Pun dia belum bisa memastikan motif pembuangan bayi.
‘’Untuk mengetahui motifnya masih perlu dilakukan penyelidikan,’’ ujarnya sambil menyebut kasus tersebut ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Magetan. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top