BERITA UTAMA

Lukman abunawas Berbagi Dengan Dhuafa

Lukman abunawas saat mendorong Mbue di atas kursi roda. Mbue dan satu wanita beruntung lainnya mendapat rezeki dari Sekprov Sultra.

KOLAKAPOS, KENDARI – Momentum bulan suci ramadan, dimanfaatkan Sekretaris provinsi Sultra, Lukman Abunawas, untuk meraih berkah. Ia berbagi rezeki dengan dua warga yang membutuhkan bantuan.
Tak tanggung-tanggung, Lukman merogoh kocek pribadinya untuk diberikan pada satu Lansia dan satu lagi perempuan yg mengandalkan hidup dari hasil setrikaan. Mereka yang beruntung itu bernama Mbui (78) dan Agustina (52).
Mantan bupati Konawe, memberikan uang belanja senilai Rp5 juta pada dua wanita tersebut, yang kemudian dibelanjakan di pusat perbelanjaan terbesar di Kota Kendari.
Mbui dan Agustina sangat antusias berbelanja kebutuhan pokok mereka. Mulai dari beras 10 kg, telur 2 rak, mie instan 2 doz, minyak goreng isi 4 liter, 4 botol sirup ABC, gula, teh, biskuit kaleng, susu, detergen, sabun cuci dan sabun mandi, hingga mentega, masuk dalam daftar belanjaan Mbui dan Agustina. .
Saat belanja, kedua wanita beda generasi tersebut, didampingi staf Sekprov, Jamal dan Saputra. Mereka sangat antusias mengambil barang-barang yang dibutuhkan. Yang membuat hati trenyuh, Mbui adalah wanita tua renta. Badannya bongkok, jalannya tertatih-tatih. Pakaiannya lusuh. Untuk berjalan saja, langkahnya tertatih-tatih dibantu tongkat. Usianya memang sudah tua, 78 tahun. Dan, yang paling menyentuh, sepanjang usianya, Mbui yang biasa dipanggil pue, baru pertama kali menginjakkan kakinya di pusat perbelanjaan dan itu berada di kawasan plaza terbesar di Sultra. Untuk sampai ke tempat tersebut, harus melewati eskalator. Tentu, menjadi barang yang langka baginya. Sebab, sehari-hari dia hanya bisa belanja di kios dekat rumahnya. Karena jangankan untuk belanja di super market, ke pasar pun hampir tak pernah. Di samping tak punya uang, juga karena tenaganya sudah tidak kuat untuk berjalan. Karena kondisinya yang lemah, pihak super market meanyediakan kursi roda khusus untuknya.
Pue dan Agustina yang mendapat rezeki dari ketua KONI Sultra, terlihat semangat dan antusias mengambil barang-barang dari tempatnya.
Lukman Abunawas ternyata tak ingin melewatkan momen dimana dia bisa menyaksikan langsung dan bertatap muka dengan kaum dhuafa yang ia bantu. Di saat kesibukannya sebagai Sekprov yang sangat menyita waktu, Lukman meluangkan sedikit waktunya untuk bertemu dengan Pue dan Agustina. Dia datang memberi kejutan pada warga Kel.Watulondo dan warga Jln. Haeba itu. Di saat, kedua wanita yang ia bantu sedang menunggu belanjaan di kasir, Lukman muncul dan langsung mendekat ke arah pue dan Agustina.
“Silahkan lanjut,” katanya.
Tak hanya mendekat, sosok yang humble itu langsung meraih tangan renta pue.
Dia bahkan mengeluarkan uang tunai ratusan dari sakunya dan langsung menyerahkan pada pue. “Tarima kasih,” kata pue dalam dialek Tolakinya yang sangat kental.
Agustina yang menyadari orang yang membantunya datang, langsung menjabat tangan Lukman. Dan sekali lagi, Sekprov itu memberikan uang tunai pada perempuan bertubuh tambun tersebut.
“Terima kasih pak,” ujar Agustina sembari mencium tangan Lukman.
Pemandangan itu menjadi tak biasa. Kedatangan Lukman menyita perhatian pengunjung Hypermart. Dia menjadi tontonan karena pengunjung menyadari Jenderal PNS-nya Sultra itu, ternyata yang menyantuni dua dhuafa yang tengah menanti belanjaan di kasir.
Bahkan, 4 orang siswi SMA yang ada di tempat yang sama, langsung mendekati Lukman Abunawas lalu mencium tangannya. Foto bersama menjadi penutup acara tersebut. (k1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top