POLITIK

Pilgub Lampung–PAN Buka Penjaringan Calon Usai Lebaran

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Bandar Lampung–Partai Amanat Nasional (PAN) mulai mempersiapkan langkah-langkah jelang pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018.

Salah satunya dengan rencana membuka penjaringan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) setelah lebaran.
“Tepatnya pekan pertama Juli 2017 dan terbukan untuk seluruh tokoh yang ingin maju di Pilgub Lampung,” ujar Sekretaris Desk Pilkada DPW PAN Lampung Suprapto kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group), kemarin.
Suprapto mengatakan, tim Desk Pilkada DPW PAN Lampung yang berjumlah tujuh orang adalah bertanggungjawab secara teknis melakukan seleksi cagub dan cawagub. Tahap pertama adalah dengan membuka penjaringan.
Kemudian, berkas pendaftaran calon diproses secara internal partai. Setelah seleksi, DPW meminta rekomendasi dari DPP PAN. ”Jadi sebenarnya, apapun itu yang menentukan adalah DPP,” kata Suprapto.
Dia melanjutkan, Ketua DPW PAN Lampung Bachtiar Basri digadang-gadang maju pilgub. Jika Bachtiar yang notabene saat ini adalah wakil gubernur mendaftarkan diri sebagai cagub, artinya PAN hanya tinggal mencari cawagubnya.
”Apalagi kan PAN nggak cukup satu perahu. Jadi harus koalisi dengan partai lain. Nah kalau Pak Bachtiar hanya mau menjadi cawagub, berarti kita perlu cagubnya, kan gitu,” ucapnya.
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Lampung ini tak menampik bahwa di banyak kesempatan, Bachtiar mengungkapkan masih mendukung M Ridho Ficardo untuk melanjutkan jabatannya sebagai gubernur.
”Di banyak kesempatan kan Pak Bachtiar dukung Mas Ridho kan kayak foto-foto sekarang yang beredar kan. Mereka foto tos berdua, jempol berdua,” lanjut dia.
Dalam proses penjaringan kelak, Suprapto mengatakan, tim yang akan memproses. Tim akan bertanya tentang sikap Bachtiar dalam pilgub mendatang. Sebab, Bachtiar harus membedakan antara keinginan pribadi dan ketua partai.
Sementara itu, Suprapto mengatakan, sudah banyak bakal cagub-cawagub yang menanyakan perihal penjaringan. Diantaranya M Alzier Dianis Thabranie, M Ridho Ficardo, dan Mustafa.
Sebelumnya, pernyataan Bachtiar justru ingin agar PAN tak membuka penjaringan. Hal itu seperti disampaikan saat kunjungan ke Tulangbawang Barat pada (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top