KOTA KENDARI

SAR Imbau Warga Waspadai Cuaca Buruk

KOLAKAPOS, Kendari–Badan Searh and Rescue Nasional (Basarnas) Kendari, mengimbau warga yang ingin berlayar agar mewaspadai cuaca tidak bersahabat di perairan Sultra.

Kepala Kantor SAR Kendari Muslimin di Kendari, Rabu, mengatakan, curah hujan tinggi yang melanda wilayah Sultra ikut berdampak pada ketinggian gelombang laut.

“Nahkoda kapal atau pemilik kapal perlu menjalin kemitraan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari agar dapat mengakses prakiraan cuaca dan gelombang laut,” katanya.

Dikatakan, terdapat beberapa rute palayaran yang harus diwaspadai secara ekstra seperti rute pelayaran dari dan ke Menui (Sulteng)-Kendari (Sultra), Rute Kendari-Wakatobi, Kolaka-Bajoe, Tobaku-Siwa.

“Rute-rute pelayaran tersebut patut diwaspadai karena cuaca tidak bersahabat,” katanya.

Ia mengaku, pemilik kapal dan pengguna jasa transportasi laut tidak bisa berbuat banyak menghadapi cuaca buruk yang terjadi di wilayah itu.

“Salah satu cara untuk mencegah musibah di laut adalah berlayar pada situasi aman dan tidak mengangkut muatan melebihi kapasitas normal,” katanya.

Basarnas yang bertugas dalam pembantuan kemanusiaan katanya, selalu berharap tidak ada korban jiwa maupun materi dalam setiap kecelakaan di laut. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top