BERITA UTAMA

Berpuasa Adalah Disiplin dan Tepat Waktu

Bupati Konut H. Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut Raup.FOTO:Doc. Andi Jumawi.

KOLAKAPOS, Wanggudu–Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga. Bupati Konawe Utara, Ruksamin menyebut, puasa juga melatih diri untuk berdisiplin. Sikap inilah yang harus diambil hikmahnya saat ramadhan ini sekaligus ditanamkan para aparat pemerintahan di Konut.

“Alhamdulillah terkhusus kita pemerintah dan masyarakat Konawe Utara, marilah kita mencoba mengambil hikmah di bulan suci Ramadhan ini, yang antara lain pertama nilai-nilai kedisiplinan. Pesan puasa dan kedisiplinan luar biasa dan itu melekat. Walaupun kita masih enak makan, tetapi ketika sudah datang masuk waktu imsak kita otomatis berhenti tanpa disuruh itu ikhlas kita lakukan,” katanya.

Selain kedisiplinan, puasa juga mengajarkan untuk menepati waktu. Ia mencontohkan, meski dalam kondisi lapar, seorang muslim tidak akan berbuka puasa sebelum tiba waktunya. “Walau bagaimanapun kita sudah ingin mau membatalkan puasa, kita lapar, tapi karena kedisiplinan bulan puasa itu sendiri, kita manifestasikan tepat waktunya baru kita buka puasa,” jelasnya.
Karenanya, ia berharap momen ramadhan ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga Konut,t erutama para aparat pemerintahan. “Kalau ini bisa kita implementasikan dimasyarakat dan pemerintahan dalam hal kedisiplinan, Insyaallah luar biasa faedahnya,” harapnya. (k7/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top