BERITA UTAMA

Dana Desa Muna Cair Juni

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Raha–Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muna menargetkan akhir Juni 2017 sudah ada dana DD tahap pertama yang cair ke rekening desa. Hal tersebut diungkapkan Kabid Keuangan DPMD Muna Budiman Syawal. Menurutnya, Laporan Pertanggungjawaban Desa (LPJdes) 2016 sudah tuntas, berkasnya pun kata dia sudah disetorkan ke Kementrian Keuangan di Jakarta.

Saat ini terang Budiman, DPMD Muna tinggal menunggu transfer dana dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Umum Kas Daerah. Selanjutnya, jika RABnya sudah siap, maka pemerintah desa sudah dapat melakukan permintaan untuk pencairan DD. “Kewajiban di daerah sudah selesai, jadi tinggal menunggu. Perkiraan kita, akhir bulan Juni ini sudah ada yang cair. Insyaallah,” ucapnya pada wartawan media ini saat di jumpai diruang kerjanya kemarin (9/6).

Lanjut Budiman, lambannya pencairan DD tahap pertama di Muna lantaran masih ada beberapa kepala desa yang belum menyelesaikan susunan dokumen RAPB Desa. “SK penetapan harga untuk di daerah itu, rupanya direvisi pada tahun 2017 ini. Itu juga faktor-faktor yang menjadi terhambatnya penyusunan RAB untuk kegiatan fisik,” katanya.

Maka, katanya dampak yang ditimbulkan akan lambannya pencairan DD ini yakni berdampak buruk bagi pembangunan desa. Sebab yang menjadi prioritas utama anggaran APBN itu adalah pembangunan atau infrastruktur di desa. “Konsekwensinya, pembangunan yang direncanakan untuk tahun berjalan (tahun ini) tidak akan terealisasi,” terangnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top