SULSELBAR

Hertasing Percontohan Rekayasa Jalan

KOLAKAPOS, Makassar — Kemacetan yang merupakan permasalahan utama di Kota Makassar kini mulai teratasi. Salah satu langkah yang ditempuh pihak Dinas Perhubungan Kota Makassar melalui rekayasa pada putaran jalan.
“Kemacetan kerap terjadi pada putaran jalan. Olehnya itu pada titik tersebut dipasang barier sehingga akan mengarahkan kendaraan lebih melintas dengan tertib. Ini salah satu terobosan atau inisiatif pak kadis,” tegas Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (sarpras) Dishub Kota Makassar, Asminullah.
Asminulah menambahkan, pemasangan barier baru dilakukan di enam titik jalan yang tersebar seperti Jalan AP Petta Rani dan Jalan Hertasning. ” Ini merupakan percontohan. Intinya dengan adanya barier (pelintas jalan) yang terpasang diputaran jalan bertujuan untuk mengarahkan kendaraan agar tertib. Kita juga berharap agar masyarakat atau pengguna jalan mendapat pemahaman untuk tertib lalu lintas,” jelasnya.
Asminullah juga mengatakan, selain barier dishub memasang tanda ruang henti kendaraan roda dua (motor) di tiga titik yakni Jalan Hertasning dan AP Pettarani. Itu agar kendaraan motor lebih tertib berada di depan dan tidak menghalangi arus kendaraan yang ada di sisinya.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Mario Said juga menambahkan, melalui upaya itu sasarannya untuk menciptakan arus lalin yang lancar dan tertib. “Kalau semua pengguna jalan paham setelah mendapatkan arahan, kemacetan atau hambatan arus lalin bisa teratasi. Insya Allah upaya yang dilakukan bisa berjalan optimal, dan akan dilakukan di berbagai ruas yang membutuhkan,” terangnya. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top