KOTA KENDARI

Cuaca Buruk Hambat Pembangunan “Kendari Newport”

Kendari Newport

KOLAKAPOS, Kendari — General Manager Pelindo IV Cabang Kendari, Muhammad Irfan, mengatakan cuaca buruk dengan intensitas hujan tinggi yang melanda Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sempat menghambat pembangunan pelabuhan kontainer Kendari Newport di Pulau Bungkutoko Kendari.

“Proses pekerjaan pangangkutan material sempat terhambat karena jalan atau akses menuju lokasi pembangunan pelabuhan rusak, sehingga kendaraan pengangkut material tertanam dan tidak bisa melewati akses tersebut,” kata Irfan di Kendari, Jumat.

Tetapi selang beberapa hari, katanya, aktivitas pembangunan pelabuhan itu kembali normal sebagaimana biasanya.

“Pekerjaan pemancangan tiang dermaga terus berlanjut dan sudah mencapai 58 persen tiang pancang sudah terpasang,” katanya.

Saat ini, kata Irfan, ada konsultan pengawas yang senantiasa melihat progres pembangunan pelabuhan yang menelang anggaran Rp936 miliar tersebut.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyiapkan anggaran sebesar Rp936 miliar untuk membangun Pelabuhan Bungkutoko di Kendari yang sering disebut Kendari Newport.

“Anggaran sebesar itu terdiri atas Rp635 miliar dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dana internal perusahaan sebesar Rp301 miliar,” katanya.

Disebutkan pembangunan pelabuhan tersebut dibagi tiga tahap yakni tahap pertama dengan anggaran sekitar Rp200 miliar lebih untuk pemancangan dan dermaga.

“Tahap dua adalah reklamasi atau pembangunan lapangan termasuk pembangunan perkantoran dengan anggaran Rp300 miliar lebih dan tahap tiga adalah pembanguan dan pengadaan peralatan modern dengan anggaran sekitar Rp300 miliar lebih,” katanya.

Tahap pertama ini kata Irfan, ditarget 1,5 tahun selesai, tetapi sambil menunggu tahap satu tuntas maka sudah bisa dikerja tahap berikutnya, karena setiap tahap akan dikerjakan oleh kontraktor berbeda berdasarkan hasil lelang. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top