KONAWE SELATAN

Punggaluku Wakili Konsel Jadi Model RT Tangguh

Dinas P3A saat melakukan penetapan model rumah tangga tangguh di Kelurahan Punggaluku. FOTO: Syaprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Konsel, menetapkan kelurahan Punggaluku, kecamatan Laeya, sebagai model Rumah Tangga (RT) tangguh.
Kepala Dinas P3A Konsel, Dra Yuliana MM mengatakan, model RT tangguh merupakan salah satu program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Untuk tahun ini hanya tujuh provinsi yang mewakili, kemudian untuk dapat menjadi model RT tangguh harus memenuhi syarat-syarat.
“Antara lain syaratnya, lokasi mudah dijangkau kurang lebih satu sampai dua jam perjalanan darat dari ibu kota provinsi, untuk kepentingan pembinaan. Lokasi itu harus memiliki keragaman atau heterogentas RT dibidang etnis sosial, budaya, agama, ekonomi dan pendidikan,” ungkapnya.
Selain itu lanjut dia, adanya keinginan dan kemampuan pimpinan wilayah dalam hal ini kepala desa atau kelurahan. Mendapat dukungan dari tokoh masyarakat, organisasi perempuan. Prioritas menguntungkan bila kepala desa atau lurah adalah perempuan, karena keterwakilan perempuan dalam unsur pemerintahan adalah sesuatu esensi yang selalu diperjuangkan oleh Kementerian P3A.
“Terakhir jumlah kepala keluarga (KK) harus diatas 300, sedangkan kelurahan Punggaluku 700 lebih KK. Jadi memenuhi syarat,” jelasnya.
Penetapan Keluarahan Punggaluku tersebut, juga dihadiri tim Dinas Pemberdayaan Perempuan Sultra, yang diketuai kepala bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kualitas Keluarga, Siti Sarmi SE M.Si.
Menurut Sarmi, rumah tangga tangguh adalah rumah tangga yang kuat, tidak mudah patah atau putus, tidak rapuh, gigih, semangat dan antusias, sabar, mampu dan mengendalikan emosi.
“Selalu rasional dan tidak mengikuti perasaan. Dengan kata lain ancaman apapun yang ada tidak merusak harmonisasi, ketahanan, keberadaan dan kelangsungan rumah tangga itu,” bebernya.
Selain itu, Kabid Perlindungan Khusus Anak Sultra, Nurlelasary Harahap menuturkan, Kelurahan Punggaluku merupakan lokasi yang paling cocok dengan persyaratan dari pusat.
“Terus terang, kami dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kabupaten Konsel sudah dua bulan ini kami berputar mencari lokasi, dan sudah lima Kecamatan yang kami kunjungi. Dan Kelurahan Punggaluku cocok untuk dijadikan sebagai percontohan rumah tangga tangguh,” tambahnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top