BUTON UTARA

Klaim Target Cakupan Akta Kelahiran Tercapai Tahun Ini

KOLAKAPOS, Buranga — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Buton Utara (Butur) optimis bakal mencapai target nasional soal cakupan akta kelahiran sebesar 85 persen. Pasalnya, dari target yang diberikan pemerintah, kini Disdukcapil Butur telah berhasil menyelesaikan akta kelahiran sebesar 75 persen.
Kepala Disdukcapil Butur, Muhammad Asri mengatakan, target nasional yang ingin saat ini dicapai adalah cakupan angka kelahiran, mulai dari usia nol hingga 18 tahun. Dan itu berlaku dari Taman Kanak-Kanak SD, SMP dan SMA.
Adapun jumlah target yang diberikan itu lanjut Asri, sebanyak 22970 jiwa, sedangkan yang sudah tercapai hingga saat ini sekitar 17 ribu lebih. Sehingga yang harus dipenuhi saat ini sebanyak lima ribu lebih.
“Dari target yang diberikan pemerintah itu sebesar 85 persen sampai dengan 31 Desember. Namun yang kami baru capai saat ini sebanyak 75 persen, jadi tinggal 10 persen lagi,” ujarnya.
Menurutnya, dengan sisa jangka waktu yang ada Disdukcapil pasti bisa memenuhi target yang diberikan pemerintah. “Saya yakin itu semua bisa tercapai. Karena tinggal berapa persen lagi, apalagi sisa waktu yg dbrikan itu mash cukip lama. Masa, dalam waktu beberapa bulan ini tidak tercapai. Atau dalam satu bulan kami mendapatkan dua persen,” ungkapnya.
Pria yang akrab disapa Asri ini mengungkapkan, untuk bisa mencapai target yang diberikan, Disdukcapil melakukan pelayanan keliling di setiap desa.
“Jadi untuk bisa memenuhi target tersebut, saya menerapkan prorgam pelayanan keliling. Jadi apabila ada warga yang tinggal di daerah cukup jauh kita melakukan jemput bola,” tandasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top