KONAWE UTARA

Jalan Penghubung Konawe-Konut Masih Rusak Parah

Mobil menumpuk karena kondisi jalan rusak parah.FOTO: Andi Jumawi/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Wanggudu — Jalan nasional penghubung antara Konawe dan Konawe Utara hingga kini masih rusak parah dan bahkan sejumlah pengguna jalan harus bermalam di jalan karena tidak bisa menembus medan yang rusak.
“Kami sedih melihat jalan ini, kenapa sudah setahun lebih dikerja namun belum juga selesai-selesai,” kesal Ridwan salah satu pengguna jalan yang mengaku sudah bermalam akibat jalan rusak tersebut.
Menurutnya, kejadian ini sudah harus ditindaki dengan tegas oleh pemerintah pusat, karena pembangunan jalan ini menggunakan anggara pusat (APBN), karena jika dibiarkan maka negara akan rugi besar.
Hal senada dikatakan oleh Aco, warga yang ikut membantu pengendara mendorong kendaraannya. Menurutnya, sudah sebulan ia bermukim di lokasi tersebut dengan mendirikan tenda darurat, untuk membantu pengendara yang tidak bisa melewati jalur tersebut.
“Sudah hampir sebulan saya disini membantu orang pak, bahkan kadang saya tidur disini, itu saya buat tenda pak,” katanya sambil menunjuk tenda di seberang jalan.
Aco mengakui jika dirinya selama ini banyak mendapatkan uluran tangan dari pengguna jalan yang melintas, terkadang ia tolak karena merasa iba apalagi kalau seorang perempuan yang mengendarai motor dan tak bisa jalan karena tertanam di lumpur. Berbeda dengan kebanyakan orang, kadang meminta dan bahkan sering berdebat dengan pengguna jalan yang seakan tak ikhlas memberi.
Pantauan awak media ini saat melintas di jalan tersebut, kondisi jalan memang sudah sangat parah. Bahkan sejumlah titik harus dilakukan gotong royong mendorong dan menarik kendaraan, utamanya mobil. Selain itu, sudah disiapkan exavator khusus untuk menarik dan memindahkan lumpur dan tanah yang meluber di jalan. (k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top