BERITA UTAMA

Korem 143/HO Monitoring Perkembangan ISIS di Sultra

KOLAKAPOS, Raha — Komandan Korem (Danrem) 143/Haluoleo, Kolonel.Inf Andi Perdana Kahar memastikan Sultra aman dari pelarian milisi Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) yang digempur pasukan Filipina di Kota Marawi, Mindanao, Filipina Selatan. Hal tersebut diungkapkan pada awak media saat menjadi Komandan Latihan Komando Latihan Haluoleo Jaya di Posko 1 Kodim 1416/Muna Selasa, (13/6) siang.

Menurutnya, pelarian milisi ISIS ke Indonesia bisa saja terjadi lantaran jarak antara perbatasan Filipina dengan daerah terluar Indonesia sangat dekat. “Setiap wilayah memiliki potensi, karena kita memiliki daerah yang cukup luas. Daerah kita juga kepulauan, ada pelabuhan-pelabuhan yang bisa mereka gunakan untuk pendaratan,” ujarnya.

Selain itu kata Danrem, ISI dapat saja menyelundup ke daerah di Indonesia karena masyarakat cukup terbuka dengan para pendatang. Padahal katanya, dibalik keterbukaan tersebut juga memiliki resistensi terhadap ancaman.

Maka untuk mencegah hal tersebut terjadi, Andi menyebut saat ini jajaran TNI dari Kodim maupun Korem terus melakukan identifikasi gerakan ISIS. “Kita tetap monitoring dan berkordinasi dengan kepolisian dan Pemda untuk kita meyakinkan bahwa daerah kita, tidak digunakan sebagai daerah yang mungkin saja mereka (ISIS) menjadikan sebagai basis untuk perjuangan,” katanya.

Olehnya itu Andi Perdana Kahar mengajak seluruh elemen masyarakat bersinergi dengan aparat TNI, Polri dan Pemerintah untuk mencegah masuknya jaringan ISIS dan paham radikal di wilayahnya. “Saya kira perlu diaktifkan kembali pos kamling. Kemudian, bagi pendatang yang tidak dikenal, wajib lapor kepada RTnya. Kalau ada yang mencurigakan, masyarakat segera melapor ke Babinkantbmas, Babinsa serta aparat pemerintah,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top