JAZIRAH SULTRA

Dinas Transnaker Salurkan Bantuan Warga Transmigrasi

Kepala Dinas Konawe Utara H. Muhardi Mustafa.FOTO:Andi Jumawi/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Wanggudu–Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) kabupaten Konawe Utara (Konut) menurunkan bantuan Sarana Produksi Pertanian (Saprotan) untuk dua Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) yaitu UPT Padalere dan UPT Puuhialu.

“Untuk UPT Padalere dinas menurunkan bantuan berupa pupuk NPK 100 sak, bibit rambutan okulasi 750 pohon, bibit cengkeh varietas sansibar 250 pohon, kopi robusta 10.000 pohon,”kata Kadis Transnaker kabupaten Konut H. Muhardi Mustafa

Menurutnya, bantuan ini di turunkan untuk meningkatkan produksi pertanian masyarakat transmigrasi mengingat untuk kedua UPT tersebut bantuan teraebut memang sangat di butuhkan warganya.

“Untuk saat ini baru UPT Padalere yang telah disalurkan namuan untuk UPT Puuhialu, secepatnya bantuan Saprotan juga segera kami turunkan namun kami masih menunggu kedatangan Saprotannya dari pusat. selain itu kondisi jalan belum bisa sampai karena jalan rusak di jalan trans nasional di wilayah kabupaten Konawe penghubung Konawe Utara,”ungkapnya

Dijelaskannya, anggaran untuk UPT Padalere sebesar Rp. 174.950.000,- sedangkan untuk UPT Puuhialu sebesar Rp. 281.200.000.,- berdasarkan Pagu Anggaran APBN 2017.NPK 150 sak, rambutan okulasi 1.500 pohon, cengkeh sansibar 500 pohon, kopi robusta 15.000 pohon.

“Kami berharap agar dengan adanya bantuan ini, masyarakat di kedua UPT ini bisa lebih meningkat taraf hidupnya dan bantuan bibit yang di turunkan bisa segera di tanam di lokasinya masing-masing, “jelas H Muhardi.

Masyarakat UPT Padalere dan UPT Puuhialu menyambut dengan antusias dan sangant berterima kasih kepada Pemda Konawe Utara yang telah menurunkan bantuan Saprotan ini, karena sudah tepat sasaran, ungkap salah satu warga penerima bantuan.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah daerah Konawe Utara karena dengan adanya bantuan ini, kami di UPT bisa lebih maju dan meningkat taraf hidupnya, ini semua karena upaya dari dinas Transnaker Konut,”kata Ahmad.

Pihak dinas saat ini tengah berupaya untuk mendatangkan bantuan Saprotan lainnya untuk UPT Puuhialu yang tertunda karena faktor jalan yang rusak sehingga bantuan tidak bisa sampai di wilayah ini. (k7/hud).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top