METRO KOLAKA

Siswa SMAN 1 Wundulako Gelar Safari Ramadan

Tim Safari Ramadhan SMA 1 Wundulako.FOTO:La Ode Kaulia/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Berbeda dengan siswa di sekolah umum lainnya, ramadan tahun ini sejumlah siswa SMAN 1 Wundulako giat melakukan kegiatan religi. Para siswa menggelar safari ramadan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kolaka. Mereka mengadakan kegiatan Syiar Islam dalam bentuk kegiatan ceramah tarwih di beberapa masjid yang tersebar di empat kecamatan yakni Baula, Wundulako dan Latambaga, dan Kecamatan Kolaka.

Ketua Tim Safari Ramadan SMAN 1 Wundulako, Lukman mengatakan kegiatan yang dilakukan sejak malam ke empat ramadan ini adalah agenda tahunan yang digelar oleh para siswa di sekolahnya. Tahun ini sebanyak 21 siswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini, terdiri dari 11 siswi dan 10 orang siswa yang gilir di beberapa Masjid untuk melakukan ceramah pada malam tarwih. “Hingga malam ke 18 ramadhan siswa sudah melakukan ceramah di 36 masjid yang tersebar di Kecamatan Wundulako, Baula, Kolaka dan Latambaga” kata guru Agama Islam SMAN 1 Wundulako ini

Menurut Lukman, tujuan safari ramadan ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada siswa mengenai syiar Islam, sekaligus membangun imej di masyarakat bahwa bukan hanya dari sekolah agama yang bisa ceramah di atas mimbar. Tetapi siswa-siswa dari sekolah umum pun bisa melakukan hal-hal positif keagamaan. “Manfaat lain yang bisa diambil adalah siswa kita yang menjadi penceramah dapat mengambil pengalaman dan menggunakan ilmunya untuk kepentingan umat,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk mempersiapkan siswa yang ikut dalam kegiatan safari ramdhan ini, pihak sekolah memberikan mempelajaran ekstrakulikuler kepada siswanyam yakni membekali siswa dengan ilmu agama Islam serta tata cara menyampaikan ceramah. “Jadi kami mempersiapkan siswa ini kurang lebih 2 bulan dengan memberikan pelajaran khusus mengenai syiar Islam atau ceramah dan ilmu agama Islam lainnya,” ungkapnya.

Penanggungjawab kegiatan safari ramadan SMAN 1 Wundulako, Marwan Akase mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari salah satu visi misi sekolah yang dipimpinnya, yakni meningkatkan iman dan taqwa (Imtaq) kepada sang pencipta. Selain itu, kegiatan ini diharapkan memberi referensi terhadap pembentukan aqidah siswa. “Ramadan tahun ini adalah tahun ke tiga kami melaksanakan safari ramadan, dan Insya Allah safari ramadan ini akan menjadi agenda tahunan di SMAN 1 Wundulako,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Wundulako ini, mengaku safari ramadhan merupakan salah satu langkah yang baik dalam mendekatkan sekolah yang dipimpinnya dengan umat Islam di Kolaka. Ia berharap, kedepannya kegiatan ini tidak hanya akan melibatkan beberapa siswa namun ia akan mengupayakan lebih banyak lagi siswa yang terlibat di dalamnya. Olehnya itu ia meminta dukungan dari semua pihak terutama pemerintah, demi terciptanya pendidikan agama dan budaya yang maju dan modern. (kal/Hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top