METRO KOLAKA

Dinas Koperasi Fokus Pembinaan Koperasi Tidak Aktif

KOLAKAPOS, Kolaka–Jumlah koperasi yang ada di Kolaka hingga tahun 2017 ini berjumlah 416, namuan yang dinyatakan aktif saat ini hanya 33 koperasi saja. Karena itu tahun ini Dinas Koperasi dan UMKM Kolaka, menfokuskan untuk melakukan pembinaan terhadap koperasi yang tidak aktif.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kolaka Amrin mengatakan katanya ia telah melakukan rapat nasional di Bali dengan kementerian Koperasi beberapa waktu lalu, hasilnya adalah dinas koperasi yang kabupaten dan kota se Indonesia harus mensinkronkan programnya dengan kementrian koperasi, olehnya itu saat ini dinas Koperasi Kolaka sedang menyusun program yang sama dengan kementrian koperasi.

“Harapan ini sangat besar jika semuanya bisa sinkron, nantinya bisa jadi dinas koperasi di kabupaten akan banyak mendapat program dari kementrian koperasi selain itu bantuan juga pasti akan datang,” ujarnya.

Ia juga mengatakan di Kolaka sampai saat ini ada 416 koperasi namuan yang sudah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya 33 jadi kami berkesimpulan hanya ada 33 koperasi yang dinyatakan aktif di Kolaka.

“Semua koperasi yang ada di Kolaka itu sakit semunya, jadi itu yang akan dibina oleh dinas Koperasi tahun ini. Program kami adalah melakukan pembinaan koperasi yang tidak aktif, seperti memberikan pelatihan wirausaha, akitansi agar pengurus koperasi bisa lebih handal dalam melaksanakan program kerjanya, koperasi tidak sehat itu bisa di lihat dari kelembagaanya, sumberdaya manusianya dan usaha yang dijalaninya,” ujarnya.(dan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top