BERITA UTAMA

Dinkop UMKM Benahi Koperasi Tidak Aktif

KOLAKAPOS, Kolaka–Jumlah koperasi di Kolaka hingga tahun ini berjumlah 416, namun yang dinyatakan aktif hanya 33 koperasi saja. Karena itu Dinas Koperasi dan UMKM Kolaka akan fokus melakukan pembinaan terhadap koperasi tidak aktif.

Sekretaris Dinkop dan UMKM Kolaka, Amrin bisa menyimpulkan jumlah koperasi aktif hanya 33 saja, karena hanya mereka yang terdata telah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). “Sisanya belum pernah melapor maupun diketahui melakukan RAT,” ujarnya.

Ia menyayangkan banyaknya koperasi yang tidak aktif itu. Padahal menurut Amrin, Kementerian Koperasi tengah menggelontorkan banyak program untuk koperasi di daerah.

Karenanya, untuk “menjaring” program dari Kementerian Koperasi, Dinkop dan UMKM Kolaka akan melakukan pembinaan terhadap koperasi yang tidak aktif. Diantaranya jelas amrin, memberikan pelatihan wirausaha dan akuntansi agar pengurus koperasi bisa lebih handal dalam melaksanakan program kerjanya. “Harapan ini sangat besar jika semuanya bisa sinkron, nantinya bisa jadi dinas koperasi di kabupaten akan banyak mendapat program dari kementrian koperasi selain itu bantuan juga pasti akan datang,” ujarnya. (dan/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top