METRO KOLAKA

Mahasiswa di Makassar Asal Sultra Mulai Mudik Lebaran

Penumpang kapal Ferry yang tiba di pelabuhan Kolaka pada H-7 lebaran didominasi pemudik dari kalangan mahasiswa.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–H -7 lebaran Idul Fitri 1438 H, sejumlah mahasiswa asal Sulawesi Tenggara (Sultra), yang menuntut ilmu di Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai mudik lebaran. Mahasiswa rantau tersebut memilih mudik lebih awal, dengan menggunakan transportasi laut menuju kampung halaman, dari pelabuhan Bajoe, Sulsel, menuju pelabuhan Kolaka, Sultra, Minggu (18/6).

Salah seorang mahasiswa STIMIK DIPANEGARA Makassar, asal kabupaten Bombana, Syahrul mengatakan, mudik H -7 lebaran Idul Fitri 1438 H, dilakukan, untuk menghindari lonjakan penumpang di kapal Ferry jelang arus mudik. “Biasanya H -5 atau H -3 baru balik ke kampung, tapi tahun ini baliknya lebih awal,” ungkapnya yang ditemui di pelabuhan Ferry Kolaka.

Lanjut dia mengatakan, libur lebaran tahun ini dinilai cukup panjang karena bertepatan dengan libur semester genap. “Makanya kami cepat pulang kampung, karena bertepatan libur semester. Biasanya cuma libur seminggu, kali ini dapat bonus libur dua minggu,” jelasnya sambil tersenyum.

Dia menuturkan, pengalaman mudik lebaran tahun ini, tidak jauh berbeda dengan mudik lebaran tahun sebelumnya. “Setiap tahunnya mudik menggunakan transportasi laut, karena selain murah, saya juga bisa bersantai ria di atas kapal bersama dengan rekan yang lain dari kabupaten lain di Sultra,” ujarnya.

Hasil pantauan media ini, kapal Ferry yang tiba di pelabuhan Kolaka, dari pelabuhan Bajoe, pada Minggu pagi (18/6) didominasi penumpang dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Sementara, lonjakan penumpang, baik dari maupun menuju pelabuhan Kolaka, diperedksi akan terjadi pada H -5 lebaran. (cr1/dan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top