EKOBIS

Menteri Amran Larang Ekspor Sperma Sapi Beku

KOLAKAPOS, Jakarta–Andi Amran Sulaiman sejak menjadi menteri pertanian telah membuat sejumlah kebijakan yang menjadi terobosan. Hasilnya, terobosan menteri asal Sulawesi Selatan itu pun mulai dirasakan langsung oleh petani dan peternak di berbagai daerah.

Sebagai contoh adalah kebijakan Menteri Amran tentang larangan ekspor sperma sapi beku yang dihasilkan ?Balai Inseminasi Buatan (BIB) Kementerian Pertanian. Amran justru memerintahkan anak buahnya membagikan sperma sapi beku itu sevara gratis kepada para peternak.

Kebijakan itu demi meningkatkan pasokan daging yang dihasilkan peternak dalam negeri sehingga bisa mengurangi impor. “Tiga juta ampul produksi BIB Singosari Jawa Timur dibagikan secara gratis,” ujar Amran di Jakarta

Dari tiga juta ampul tersebut, kini sudah ada 2, 4 juta ekor sapi. Peternak bahkan memiliki sapi jenis limosin hasil persilangan melalui teknik inseminasi buatan.

Selain itu, ?Kementan juga diketahui telah meminta jajaran Balai Embrio Ternak (BET) agar berinovasi dan membuat lompatan teknologi.

“?Tahun depan saya ingin hasilnya seribu ekor sapi belgian blue, buat pawai,” pungkasnya.(jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top