POLITIK

PPP : Pemerintah Seperti Menampar Diri Sendiri–RUU Pemilu

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Jakarta–Ancaman pemerintah akan menarik diri dari pembahasan RUU Pemilu sebagaimana disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terus menuai kritik.
Anggota Komisi II DPR Ahcmad Baidowi mengingatkan, RUU Pemilu yang merupakan gabugan tiga undang-undang merupakan usulan pemerintah.
“Pemerintah itu tidak bijak, karena usulan RUU Pemilu itu dari pemerintah. Kalau pemerintah menarik diri itu sama saja menampar diri sendiri,” kata Awiek sapaan akrab Baidowi.
Sebelumnya ancaman menjegal RUU Pemilu disampaikan mendagri karena salah satu isu krusial soal ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold, belum ada titik temu.
PPP, kata Awiek, tidak mempersoalkan terkait besaran presidential threshold tersebut. Sebab, yang paling esensial dalam RUU Pemilu hanya empat isu krusial.
“Presidential thresold itu tidak ada urusan, karena tidak ada berhubungan langsung dengan partai. PPP tidak punya kepentingan dalam Pilpres,” tambahnya.
Empat dari lima isu krusial yang ada adalah soal ambang batas parlemen, metode konversi suara ke kursi, alokasi kursi ke dapil, dan sistem pemilu.(fat/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top