POLITIK

30 Ribu Pemilih Pemula Bakal Mencoblos di Pilwakot Bengkulu

KOLAKAPOS, Bengkulu–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu terus mendorong partisipasi pemilih terutama pemilih pemula jelang pelaksanaan Pilwakot 2018.

Pasalnya perkiraan KPU Kota Bengkulu dalam Pilwakot mendatang akan diikuti lebih 300 ribu mata pemilih.
Artinya meningkat pesat dari jumlah pemilih Kota Bengkulu saat Pilgub Bengkulu 2015 lalu yang mencapai 264 ribu mata pilih. Penambahan pemilih sekitar 30 ribu lebih itu bakal didominasi oleh pemilih pemula.
Untuk menggalang partisipan dari kalangan pemilih pemula yang didominasi pelajar itu, KPU Kota Bengkulu akan melibatkan para kepala sekolah. Juga para Rektor universitas dan ketua perguruan tinggi di Kota Bengkulu.
“Karena mereka dilibatkan itu untuk menyosialisasikan pentingnya berpastisipasi dalam pemilu. Dan kita sudah mulai melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait jelang pelaksanaan pilwakot ini,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah.
Perkiraan kenaikan jumlah pemilih itu, sambung Darlinsyah, berdasarkan koordinasi KPU Kota Bengkulu dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu.
Kalaupun tidak sampai 30 ribu orang, dipastikannya tidak kurang dari 20 ribu orang. Mengingat rentang waktu penambahan jumlah penduduk itu terpaut 3 tahun terhitung pelaksanaan Pilgub Bengkulu 2015.
‘’Sebab dalam rentang waktu satu tahun saja, yakni dari Pileg 2014 ke Pilgub 2015, kenaikkan jumlah pemilih kita mencapai sepuluh ribu jiwa. Artinya kita prediksi pada pIlwakot ini nanti akan terjadi peningkatan terutama mata pilih dari kalangan pemilih pemula,” ungkap Darlinsyah.
Penambahan pemilih juga masih berpotensi lebih besar mengingat mobilisasi penduduk di Kota Bengkulu tergolong tinggi. Namun dibandingkan penduduk yang keluar, jumlah penduduk yang masuk ke Kota Bengkulu jauh lebih besar.
“Makanya, kami terus imbau kepada seluruh warga Kota Bengkulu untuk segera mengurus e-KTP. Supaya hak pilihnya terjamin dalam pelaksanaan Pilwakot 2018. Sebab penetapan daftar pemilih tetap (DPT) itu jadwalnya 3 bulan sebelum pelaksanaan pilwakot,’’ tegas Darlinsyah.(jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top