BERITA UTAMA

SAR Kolaka Antisipasi Arus Mudik

KOLAKAPOS, Kolaka–Kolaka menjadi salah satu titik arus mudik di Sultra yang memiliki lonjakan tinggi tiap tahunnya. Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kolaka, turut mengantisipasi lonjakan tersebut dengan membentuk satu posko siaga di pelabuhan feri Kolaka.

Kepala pos SAR Kolaka, A.M. Akbar mengatakan, pembentukan posko itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik Lebaran 1438 H nanti. Ia mengatakan 10 personil disiapkan untuk membantu dinas terkait mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan selama arus mudik Lebaran. ” Kita siapkan Personil guna mengantisipasi adanya musibah atau hal-hal yang tidak diinginkan dalam arus mudik ini,” katanya, Senin (19/6).

Personil SAR yang diterjunkan itu katanya, khusus untuk bersiaga di wilayah pelabuhan feri. Hal itu dilakukan karena mengingat kondisi cuaca di teluk Bone saat ini sering tidak menentu sehingga, harus dibentuk satu posko siaga yang digabung dengan posko lainnya.

Basarnas juga mensiagakan SAR Mobile untuk mengantisipasi jalur darat karena Kolaka merupakan salah satu Kabupaten yang menghubungkan beberapa Kabupaten lainnya baik di Sultra maupun Sulsel. “Kita juga tetap mengantisipasi jalur darat dengan menggunakan beberapa kendaraan operasional milik SAR,” ungkapnya.

Akbar juga mengingatkan kepada pemilik jasa transportasi khususnya transportasi laut agar mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah mengenai kapasitas muatan penumpang. (cr4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top