BERITA UTAMA

Muna Keciprat 20ribu Hektar Tanaman Jambu Mete

Rombongan Kementan RI bersama Bupati Muna LM Rusman Emba saat berada di desa Laiba kecamatan Parigi

KOLAKAPOS, Raha–Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) sudah menetapkan mete Muna sebagai mete tergurih di dunia. Maka, guna meningkatkan hasil buah jambu mete di Kabupaten Muna, Mentri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan peremajaan tanaman jambu mete seluas 20 ribu hektar.

Staf ahli Kementan Prof. DR. Sam Haerudin mengatakan bantuan tersebut langsung diberikan oleh Mentan Andi Amran Sulaiman, setelah ia menerima usulan Bupati Muna, LM Rusman Emba pada Rabu (21/6) malam pekan lalu di Kota Bau-Bau. “Pak Mentri tadi malam spontan, karena ada usulan Kabupaten. Kita berikan langsung bibit dan pupuknya untuk 20ribu hektar,” Ujar Sam Haerudin usai melakukan penanaman jagung perdana di desa Laiba kecamatan Parigi Kamis (22/6) pekan lalu.

Lanjut ucap Staf Ahli Kementan RI ini mengatakan, sejatinya Mentan Andi Amran Sulaiman menginginkan bantuan tersebut sudah dapat direalisasikan tahun ini. Namun, Pemda Muna masih terkendala pada lahan tanamnya. Maka pihak Pemda Muna diberikan waktu hingga dua tahun mendatang untuk menyiapkan lokasi tanam peremajaan jambu mete tersebut. “Pak Mentri inginnya tahun ini selesai. Tapi teman-teman disini (Muna, red) masih mengalami kendala. Maka kita selesaikan dua tahun kedepan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Bupati Muna LM Rusman Emba menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan pemerintah pusat dalam hal ini Mentan Andi Amran Sulaiman, lantaran Rusman menilai Andi Amran Sulaiman telah membantu mengenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat Muna melalui pengembangan pertanian. ” Pak Mentri sangat luar biasa sekali, memberikan bibit, pupuk dan alat pengolahan. Ini ruang-ruang bagi kita semua. Sehingga saya meyakini Insya Allah masyarakat Muna akan bangkit dan sejahtera. Insya Allah,” ucapnya. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top