HUKUM KRIMINAL

Pencuri Masuk Rumah Tanpa Busana, Terekam CCTV

KOLAKAPOS, Sumsel–Seorang pencuri terekam kamera pengintai alias closed circuit television (CCTV) saat menjarah salah satu warung di Jalan M Yunus, Simpang Bandes Suraubalai, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Summerere, Minggu (25/6) dan Senin dini hari (26/6) sekitar pukul 01.00.

Anehnya, pelaku bernama Rudi Agusti, 31, melakukan aksi pencurian tersebut tanpa mengenakan pakaian sehelai benang pun.
Dalam dua video rekaman CCTV di warung milik Ali Imran itu, pelaku leluasa mengumpulkan semua barang seperti rokok, minyak goreng dan lainnya.
Dalam video CCTV hari pertama berdurasi 6 menit 40 detik itu, terlihat pelaku tanpa mengenakan busana dengan wajah tertutup. Entah apa modus pelaku tidak memakai pakaian sehelai benang pun, namun gerak-gerik pelaku seperti sudah profesional dalam aksi pencurian dan menjarah semua isi warung dan membawa barang yang bisa dijual.
Pada rekaman CCTV di hari kedua berdurasi 1 menit 20 detik, pelaku kembali memasuki warung dan menjarah. Namun, di aksi keduanya ini pelaku tidak begitu lama dalam warung dan hanya mengambil sebagian barang yang tersisa.
Dari hasil rekaman CCTV kedua ini, pelaku yang tidak mengenakan penutup mulut itu kemudian diketahui identitasnya oleh pemilik warung. Alhasil, pada Sabtu dini hari (1/7), pemilik warung bersama warga setempat berhasil mengamankan pelaku di kediaman mertuanya di Jalan Bandes Parakjigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji.
Meski awalnya tidak mengakui perbuatannya, namun pelaku akhirnya tidak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya setelah melihat hasil dua rekaman CCTV tersebut. Pelaku nyaris jadi sasaran amarah warga setempat, namun beberapa warga berhasil menenangkan massa.
Selanjutnya, warga setempat menghubungi Kepolisian Sektor (Polsek) Kuranji dan mengamankan pelaku dan digiring ke Mapolsek berikut hasil rekaman CCTV untuk dijadikan barang bukti. Beberapa bungkus rokok turut diamankan petugas dari hasil kejahatan pelaku.
Kapolsek Kuranji, Kompol Harianto mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan terkait penadah hasil curian pelaku dan kejahatan pelaku lainnya.
”Laporan Polisi dari korban dengan nomor LP/395/K/VI/2017/Sektor Kuranji telah kita terima, begitupun pelaku yang sebelumnya diamankan oleh warga telah kita amankan di Mapolsek berikut barang bukti. Sejauh ini, kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pelaku terkait jaringannya dan aksi kejahatan pelaku lainnya,” terang Kompol Harianto.
Harianto menjelaskan, pihaknya masih mendalami motif pelaku yang beraksi tanpa mengenakan pakaian. Hingga kini, imbuhnya, pelaku mengakui bugil tersebut karena beralasan pakaiannya sedang basah.
”Kami selidiki dulu apakah pelaku ini beraksi dengan cara bugil tersebut karena ada ilmu gaib supaya tidak terlihat atau bagaimana. Namun pelaku masih bungkam, hanya beralasan pakaian basah, tapi kenapa semua pakaian hingga celana dalamnya juga dibuka,” ulas Harianto.
Ditambahkannya, barang bukti yang diamankan berupa 20 bungkus rokok berbagai merk dan satu unit sepeda motor Yamaha Mio tanpa plat nomor yang digunakan pelaku saat beraksi.
”Hasil curian telah dijual oleh pelaku dan hanya tersisa sebagiannya. Saat ini kami akan kembangkan terkait kepada siapa pelaku menjual hasil curiannya. Sedangkan kepada pelaku akan kita kenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian,” tegas Harianto. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top