SULSELBAR

Pendaftaran PPDB Jalur Akademik Dibuka

KOLAKAPOS, Makassar–Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Sulawesi Selatan memasuki tahapan pendaftaran jalur akademik. Proses ini sudah dimulai sejak 25 Juni hingga 8 Juli mendatang.

Setiap satuan sekolah mulai melakukan verifikasi berkas pendaftaran calon siswa yang dilakukan mulai hari ini Senin 3 Juli. Adapun pengumuman untuk jalur akademik akan dilakukan tanggal 10 Juli mendatang.
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan untuk jalur akademik, sekolah memberikan kuota sebanyak 42 persen. Termasuk sisa kuota yang tidak terpakai di jalur non akademik yang prosesnya telah berlangsung lebih dahulu.
“Pada jalur akademik ini, kita tak lagi melakukan ujian tertulis seperti pada jalur non akademik yang jika pendaftaranya melebih kuota. Penentuan lulus tidaknya dilakukan berdasarkan peringkat nilai ujian nasional (NUN) calon siswa,” katanya, kemarin.
Tak hanya itu, dalam jalur akademik ini, Disdik Sulsel membebaskan setiap calon siswa untuk memilih tiga sekolah. Hanya saja pilihan sekolah ini semuanya harus SMA dan SMK jika peserta ingin masuk sekolah kejuruan.
Adapun berkas yang harus dikumpulkan calon peserta didik adalah bukti pendaftaran online, fotokopi SKHU, pas foto 4×6 cm berlatar biru. Bagi laki-laki memakai map warna merah, perempuan warna biru.
Usai jalur akademik, selanjutnya dilaksanakan tes narkoba dan kesehatan usai pengumuman, 10 Juli. Pelaksanaannya 11 hingga 14 Juli mendatang di masing-masing sekolah.
“Siswa yang terbukti positif narkoba, tak akan diluluskan,” tegas None panggilan akrab Irman YL. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top