KOTA KENDARI

Wisatawan Padati Pantai Batu Gong

KOLAKAPOS, Kendari–Ribuan wisatawan dari berbagai kalangan memadati kawasan wisata Pantai Batu Gong, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengisi liburan Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pantauan di Kendari, Senin bahwa lokasi wisata Batu Gong diserbu wisatawan baik anggota keluarga, komunitas muda mudi, paguyuban, yang menumpang mobil pribadi, sepeda motor, angkutan penumpang dan angkutan mobil truk terbuka.

“Kami memilih menikmati liburan di Pantai Batu Gong karena pasirnya bersih dan akses jalannya cukup terjangkau dari Kota Kendari,” kata Wardihan (43).

Rombongan wisatawan mengunjungi objek wisata Batu Gong sejak pagi karena alamnya asri juga deburan ombaknya menggiurkan.

Pengunjung lainnya, Rusdin (22) warga dari Kabupaten Kolaka Timur mengatakan dirinya bersama rombongan mengunjungi wisata Nambo karena berada di pinggiran Kota Kendari.

“Ya, kalau dari Kolaka Timur cukup jauh karena membutuhkan waktu sekitar 2 jam tetapi karena dirangkaikan dengan acara silaturahmi dengan keluarga di Kota Kendari maka tidak terasa berat,” kata Rusdin.

Penjaga pantai Batu Gong Ahmad (41) mengimbau orang tua atau para pengunjung agar menjaga keselamatan.

“Setiap beberapa menit kami ingatkan pengunjung melalui pengeras suara agar tidak berenang sampai pada kedalaman melebihi dua meter karena berisiko,” kata Ahmad.

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan aparat keamanan dari Polri dan instansi terkait mendirikan posko pengamanan.

Data Dinas Pariwisata Provinsi Sultra mencatat objek wisata Kota Kendari yang menjadi pilihan pengunjung adalah pantai Nambo, titian hutan bakau Bungkutoko dan Maya Ria.

Kabupaten Konawe Utara mengandalkan pantai Taipa, pantai Motui sedangkan Konawe pantai Toronipa dan Batu Gong.

Warga Kota Baubau dan Kabupaten Buton memadati pantai Nirwana dan air terjun Bungi. Sedangkan, Kabupaten Wakatobi, Muna Barat, Buton Selatan dan Buton Utara sebagian besar adalah wilayah pesisir dengan panorama menarik.

Di Kabupaten Konawe Selatan terdapat pulau Pasir Putih dan pantai Torobulu dan dermaga Lakara.

Lokasi wisata pantai di Sultra cukup terjangkau dan biaya relatif murah yakni sekitar Rp5.000 per orang, bahkan pengelola mengenakan potongan tarif bagi mereka yang bertandang dalam jumlah banyak. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top