EKOBIS

Di Kolaka Harga Cengkeh Rp110 ribu perkilogram

Petani cengkeh di Lalombaa sedang menjemur hasil panenan.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

 
Kolaka, KoP
Harga Komoditi cengkeh di Kolaka saat ini terus mengalami naik, bahkan minggu ini terakhir harga cengkeh di pengepul sudah mencapai harga Rp110.000 perkilogramnya. Tanaman tahunan ini bisa menjadi harapan baru masyarakat Kolaka dimana saat ini musim cengkeh sudah masuk musim panen raya.

Abdullah salah satu petani cengkeh yang berdomisili di Lalombaa mengatakan walaupun saat ini cengkeh tidak begitu banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu. Namuan ia bersukur karena harga cengkeh saat ini setiap minggunya mengalami kenaikan.

“Awalnya harga cengkeh hanya Rp90.000 per kilogramnya namuan saat ini, harga cengkeh bisa mencapai Rp110.000 per kilogramnya. Semoga saja harga yang lumayan tinggi ini bisa bertahan sampai dua minggu kedepan,” katanya

Menurut Abdullah tahun lalu dalam perhektarnya ia bisa mendapatkan hasil bersih sekitar Rp80 jutaan sekali musim panen, namuan untuk tahun ini ia memprediksi ada penurunan karena saat ini buah cengkeh mengalami penurunan.

“Kalau tahun lalau agak lumayan buahnya, namuan untuk tahun ini buah cengkeh mengalami penurunan, walau mengalami penurunan kami harus tetap mensyukuri,” tambahnya.

Lanjut ia mengatakan tanaman cengkeh di Kolaka saat ini sudah menjadi komoditi unggulan menggantikan tanaman kakao. Kemungkinan jika harga harga cengkeh bisa bertahan dan bisa tinggi setiap tahunya nantinya tanaman kakao akan hilang di gantikan tanaman cengkeh. (dan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top