KONAWE SELATAN

Dinas PKH Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Susana pemeriksaan ternak oleh dinas Peternakan dan kesehatan hewan.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), mengantisipasi kekurangan jumlah populasi hewan ternak sapi diwilayah itu, pasca hari raya Idul Fitri dan bulan Ramadan belum lama ini. Dengan melakukan kegiatan rutin pemeriksaan kesehatan dan Inseminasi Buatan (IB), pada hewan yang ada dibeberapa titik kecamatan sentra ternak sapi di Konsel.

Kepala Dinas PKH Konsel Syamsul Rabu (5/7)menjelaskan, dari data yang ada tercatat total jumlah sapi yang terpotong, selama perayaan ramadan hingga hari raya idul fitri. Sebanyak 455 ekor dan yang keluar daerah baik itu dalam maupun luar Provinsi Sulawesi Tenggara mencapai 608 ekor.

“Kalau kita gabungkan itu sudah mencapai 1.063 ternak sapi potong kita keluar dari Konsel, tentu ini menjadi perhatian kita kedepan dalam mengantisipasi kekurangan populasi itu,” jelas Syamsul pada kegiatan pemeriksaan kesehatan dan IB ternak sapi di Kecamatan Palangga.

Jumlah keseluruhan populasi hewan ternak saat ini, lanjut dia baru mencapai sekitar 65.365 ekor. Untuk itu melalui kegiatan tersebut, selain untuk menjaga populasi ternak diwilayah Konsel, juga untuk menyambut perayaan idul adha mendatang agar pasokan kebutuhan daging sapi tetap stabil.

“Untuk ternak yang kita periksa selain sapi potong, kita juga mengobati sapi bibit. Kemudian dengan kegiatan gerakan IB secara masal dilapangan, semoga mampu membantu mencapai target upaya khusus sapi induk wajib bunting 2017,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Palangga Iskandar (61) yang juga pemilik ternak sapi mengungkapkan, pihaknya sangat senang atas kegiatan yang dilakukan Dinas Peternakan setempat.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami sangat terbantu dan kesehatan hewan ternak saya bisa lebih terjaga, juga dapat berkembang biak dengan baik karena proses IB ini,” ungkapnya. (k5/dan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top