KOTA KENDARI

Musadar Imbau Warga Biasakan Konsumsi Pangan Lokal

KOLAKAPOS, Kendari–Pemerintah Kota Kendari, mengimbau warga di daerah itu membiasakan diri mengonsumsi pangan lokal berbahan dasar nonberas.

Wakil Wali Kota Kendari Musadar Mapasomba di Kendari, Selasa, mengatakan selama ini warga terlalu sering mengonsumsi sumber makanan beras, sementara masih ada makanan pokok atau pangan lokal berbahan baku nonberas, seperti sagu, umbi-umbian, dan jagung.

“Para leluhur warga yang mendiami daratan Sultra menjadikan sagu sebagai pangan lokal atau makanan pokok saat itu,” katanya.

Warga yang mendiami Pulau Muna dan Pulau Buton, katanya, menjadikan ubi dan jagung sebagai makanan pokok.

“Produk pangan lokal dari sagu disebut `sinonggi`, dari jagung disebut `kambose` dan dari ubi disebut `kasuami`,” ujarnya.

Imbauan tersebut, katanya, guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan jenis beras, akibat kondisi cuaca di daerah itu yang tidak menentu.

“Kondisi cuaca seperti ini, rentan terjadinya gagal panen, sehingga kalau terjadi krisis pangan beras, warga sudah tidak akan terpengaruh karena sudah terbiasa mengonsumsi pangan nonberas,” katanya.

Pemerintah Kendari sudah melakukan upaya guna menghilangkan ketergantungan warga dari pangan beras, salah satunya memberikan bantuan terhadap petani dalam mengembangkan tanaman pangan nonberas atau pangan lokal. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top