BERITA UTAMA

Pemda dan DPR Komitmen Perbaiki Jalan Rusak di Konsel

KOLAKAPOS, Andoolo–Banyaknya ruas jalan yang mengalami kerusakan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), yang diakibatkan oleh cuaca, menjadi perhatian serius pemerintah setempat untuk segera melakukan perbaikan. Dengan berkomitmen

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga mengungkapkan saat ini Dinas terkait sudah diperintahkan olehnya untuk turun mendata dilapangan dan rencananya anggarannya akan dicover pada anggaran perubahan tahun ini.

“Kita akan cover sesegera mungkin, tentunya menjadi prioritas utama kita. Untuk anggaran jalan yang rusak, sementara kita hitung berapa yang akan dibutuhkan. Asumsi anggaran kita berubah dengan datangnya hujan yang sudah berapa bulan ini turun, tadinya ada daerah yang kita tidak sangka jalannya rusak salah satu contoh di Potoro dekernya rusak,” jelasnya.

Lanjutnya, utamanya jalan-jalan Kabupaten yang terputus, itu yang akan diprioritaskan. Untuk jalan Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Konsel, itu sementara dikoordinasikan bagaimana penanganannya.

“Tapi kalau itu terpaksa dan sudah putus, seperti di wilayah Kecamatan Lalembuu. Maka itu kita turun tangan, sifatnya yang penting bisa dulu untuk dilalui sementara. Untuk di Desa Anggondara yang juga rusak parah, itu masih dalam pemeliharaan oleh rekanannya,” ungkapnya.

Politisi Golkar ini menambahkan, jika ada daerah yang sudah kerusakannya parah dana sangat darurat maka alat-alat berat yang berada di Dinas PU, pihaknya akan segera mengirimnya untuk penanganan sementara.

Sementara itu Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, juga berkomitmen terkait penganggaran infrastruktur jalan yang rusak di Konsel, dimana pihak DPR tinggal menunggu usulan Pemda.

“Ketika usulannya sudah masuk kepada kami, maka DPR tinggal menyetujuinya. Harus kita akui kerusakan jalan di Konsel hari ini akibat cuaca hujan sangat berpengaruh. Dimana jalan yang rusak menjadi tambah rusak, jalan bagus menjadi rusak,” katanya.

Bahkan lanjut dia, hingga saat ini DPR tidak sedikit menerima keluhan dari masyarakat contohnya daerah Kecamatan Basala dan Benua.

“Itu semua akan dikerja, namun kita tinggal menunggu momen saja,” tegasnya. (k5/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top