POLITIK

Mantan Menhut Era SBY Ikut Berebut Tiket Cagub dari PDIP

KOLAKAPOS, Pekanbaru–Sebelas bakal calon akan bertarung mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan untuk dicalonkan pada pemilihan Gubernur Riau (Gubri) 2018 mendatang.

Para balon yang terdiri dari tujuh kandidat eksternal dan empat merupakan kader PDIP itu juga sudah mengembalikan formulir pendaftaran ke kantor DPD PDIP Provinsi Riau.
Ketua DPD PDIP Riau, Kordias Pasaribu mengatakan, setelah membuka proses pendaftaran penjaringan balon Gubri dan para balon sudah mengambil formulir pendaftaran dan mengembalikannya.
Setelah itu, pihaknya akan melakukan seleksi administrasi terlebih dahulu terhadap berkas milik para balon yang sudah mendaftar tersebut.
“Dari total 11 orang yang mendaftar, tujuh diantaranya yang bukan kader sudah mengembalikan formulir. Proses selanjutnya kami melakukan tahapan pengecekan kelengkapan administrasi, bagi calon yang akan menggunakan perahu PDIP pada Pilgubri 2018 mendatang,” katanya.
Lebih lanjut dikatakannya, setelah proses seleksi administrasi selesai, pihaknya akan melakukan survei kepada para balon untuk melihat respon masyarakat. Selain itu, para balon yang mendaftarkan diri ke PDIP belum ada yang menyatakan pasanganya.
Artinya semua balon yang mendaftar belum memiliki pasangan final dan masih ada peluang mereka untuk menjadi balon Gubri ataupun Wakil Gubernur.
“Kami perlu menganalisa kekuatan terhadap figur yang muncul. Survei akan dilakukan dengan beberapa opsi seperti memasangkan balon a dengan balon b, sehingga diketahui mana balon yang paling diinginkan masyarakat,” jelasnya.
Selain melakukan penjaringan tersebut, partai saat ini menurutnya Kordias sedang terus menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya. Pasalnya PDIP tidak bisa mengusung sendiri balon Gubri beserta Wagubri karena masih kekurangan kursi legislatif DPRD Riau.
Ketujuh balon dari pihak eksternal yang telah mengembalikan formulir pendaftaran yakni Bupati Pelalawan M Harris, Bupati Inhu Yopi Arianto, anggota DPR RI Lukman Edy, politikus PPP Rusli Efendi, anggota DPD asal Riau Intsiawati Ayus, mantan Bupati Indragiri Hilir, Indra Mukhlis Adnan serta Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.
Sedangkan empat kader PDIP di antaranya yakni Ketua DPD PDIP Riau, Kordias Pasaribu, mantan anggota DPRD Riau, Zukri, Bupati Rokan Hilir, Suyatno dan Wakil Bupati Rokan Hilir, Jamiludin.(jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top