SULSELBAR

Disdukcapil Antisipasi Peningkatan Arus Urbanisasi

KOLAKAPOS, Makassar–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, intens melakukan pengecekan warga sebagai antisipasi meningkatnya arus urbanisasi pasca libur Idul Fitri 1438 H. Masalah urbanisasi memang telah menjadi persoalan bagi kota besar seperti Makassar.
Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba, mengungkapkan, pasca libur Idul Fitri, pihaknya menggelar uji petik arus balik pada sejumlah pintu masuk ke Makassar. Seperti terminal, bandara, dan pelabuhan.
“Tujuan dari pelaksanaan uji petik tersebut untuk melakukan pengecekan terhadap pendatang baru yang seringkali menjadi fenomena pasca libur panjang. Lebih dari seratus personel dikerahkan untuk melakukan pengecekan tersebut,” terang Nielma.
Berdasarkan hasil temuan petugasnya di lapangan, Nielma mengatakan, jika arus balik dari arah timur Makassar didominasi oleh orang-orang yang menempuh pendidikan. Sedangkan arus balik dari arah Barat didominasi oleh pekerja sektor informal.
“Dari catatan kami, umumnya dari arah timur didominasi mahasiswa dan sebagian besar diantaranya tinggal di kos, sedangkan penumpang yang dari arah barat itu, sebagian besar adalah pekerja seperti buruh bangunan, pekerja di warung sari laut,” bebernya.
Nielma menghimbau para pendatang agar segera melapor di Ketua RT dan RW setempat agar dapat didata secara kependudukan sebagai warga non-permanen. Ia juga berharap agar para pendatang membawa surat keterangan pindah agar tidak menjadi masalah tersendiri dalam klasifikasi kependudukan.
“Kami imbau kepada para pendatang agar segera melapor ke Ketua RT dan RW di domisilinya masing-masing agar dapat terdata,” tegas Nielma. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top