EKOBIS

Begini Kata Jonan Soal Bengkaknya Subsidi Gas Elpiji

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Jakarta–Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tidak membantah adanya potensi bengkaknya subsidi gas elpiji 3 kg.

Apalagi Direktur Utama Pertamina Elia Masa Manik saat rapat kerja di Komisi VII DPR pekan lalu menyebut angka pembengkakan diprediksi bisa dua kali lipat.

Bila subsidi gas epliji 2017 dialokasikan Rp 20 triliun pada APBN, realisasinya bisa mencapai Rp 40 triliun hingga akhir tahun ini.

Jonan menyatakan kenyataannya saat ini pengguna gas elpiji bersubsidi memang banyak.

“Ya karena konsumsinya lebih tinggi sekarang permintaannya?. Subsidi elpiji yang tiga kilo itu ndak bisa dikendalikan siapa yang boleh pakai, siapa yang tidak,” kata Jonan di kompleks Istana Negara, Senin (10/7).

Karena itu, tambah dia, saat ini pemerintah tengah berupaya menyalurkan subsidi gas elpiji 3 kg tepat sasaran. Salah satu caranya dengan mengintergrasikannya ke dalam kartu.

“Pemerintah lebih mungkin bagaimana caranya supaya ini subsidinya dikasihkan, dimasukkan ke kartu keluarga sejahtera (KKS-red),” ujar mantan menteri Perhubungan itu.

Dengan begitu, nantinya subsidi dipastikan hanya dinikmati oleh masyarakat yang memegang KKS, meskipun gas dengan tabung 3kg bisa dibeli semua kalangan.
“Siapa saja bisa beli (gas elpiji 3kg), tapi yang punya kartu saja yang mungkin dapat subsidi?, lebih bagus kan,” tandasnya.(jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top