BERITA UTAMA

Jalan Desa Mata Rawa Rusak Parah, Warga Demo DPR dan Dinas PU Muna

Puluhan Warga desa Mata Rawa dan Mahasiswa geruduk DPRD Muna. Massa Aksi ini minta jalan di desanya bisa diaspal tahun ini.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Puluhan warga dan mahasiswa yang bermukim di desa Mata Rawa kecamatan Watupute kabupaten Muna mengelar aksi demostrasi di gedung Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Kantor DPRD Muna. Dalam aksinya itu, mereka meminta agar Dinas PU dan DPRD Muna dapat memperhatikan pembangunan infrastruktur jalan poros Watupute-Mata Rawa. Sebab kondisi jalan tersebut sudah rusak parah.

Salah seorang orator aksi, Barti mengatakan, jalan poros yang melintas di desa Mata Rawa sudah puluhan tahun tak tersentuh pembangunan. Bahkan kecelakaan laluntas kerapkali terjadi dijalan itu lantaran kondisi jalan di musim penghujan sangat licin berlubang dan berlumpur. “Saya berasal dari sana. Saya mengingat betul kondisi jalan yang hari ini dengan 10 tahun yang lalu sama saja. Disana itu, bukan lagi jalan berlubang tapi sudah lubang berjalan. Artinya dimana-mana ada lubang. Kondisi itu karena di timbun, mengakibatkan kami setiap saat menghirup debu yang diterbangkan pada saat mobil lewat. Debunya masuk ke rumah-rumah warga yang kemudian mengakibatkan penyakit. Selain itu, ketika datang hujan kondisi jalan akan licin dan kecelakaan itu sering terjadi,” katanya.

Olehnya itu, dengan aksi demostrasi yang mereka gelar tersebut, Pemda Muna dalam hal ini Dinas PU dan DPRD Muna dapat mendengar keluhan warga desa Mata Rawa dan segera dapat direalisasikan.

Menanggapi tuntutan massa aksi,
Kadis PU Muna, La Ode Bou mengatakan, kerusakan jalan pada poros Watopute-Matarawa mencapai 3 KM. Tahun ini, Pemda mengalokasikan anggaran sebesar Rp1miliar untuk pengaspalan dijalur tersebut dengan panjang 1 KM. Pembangunan selanjutnya akan diusahakan di tahun berikutnya. “Insya Allah dalam waktu dekat sudah mulai dikerja. Kontrak kerjanya sudah ada sejak 6 Juli lalu,” kata Kadis PU Muna di hadapan demonstran.

Ia juga berjanji, pengaspalan jalan nantinya, akan dimulai dari Desa Matarawa hingga menuju perbatasan kabupaten Muna Barat

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Muna LM Arwin Kadaka, menyampaikan pada massa aksi, bahwa Pemda dan dewan telah sepakat menganggarkan kekurangan perbaikan jalan poros Watopute-Mata Rawa di APBD-P, mengingat akses jalan tersebut sangat penting guna mendukung pengoperasian Bandara Sugimanuru di Kecamatan Kusambi, Muna Barat. “Kekurangannya kita akan tuntaskan tahun ini,” janji Arwin dihadapan demonstran dan diamini para koleganya, Awaluddin Ketua Komisi III.

Lanjut politisi PAN ini mengatakan, perbaikan jalan poros tersebut, dewan dari tahun ke tahun telah mengalokasikan anggaran. Tahun lalu, untuk perbaikan jalan itu, dewan telah menyetujui anggaran sebesar Rp2 miliar. “Infrastruktur jalan itu menjadi kebutuhan dasar. Kami di dewan akan terus memprioritaskan,” tegasnya. (m1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top