BERITA UTAMA

Kadis Dikbud Kolaka Dukung Program PPK

Kadis Dikbud Kolaka, Sal Amansyah.

KOLAKAPOS, Kolaka–Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka, Sal Amansyah, sangat mendukung program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang dicetuskan Kemendikbud.
Akan tetapi, menurut Sal Amansyah, penerapan program PPK di Kolaka butuh proses. Pasalnya, secara umum
sumber daya pendidikan yang ada di Kolaka masih butuh pembenahan, diantaranya ruang belajar dan guru.
“Secara personal saya sepakat dengan program PPK ini. Namun, untuk di Kolaka perlu adaptasi secara pelan-pelan,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (10/7).
Ia menambahkan, inti dari pendidikan bukan hanya mengajarkan pengetahuan, namun mengajarkan karakter bagaimana bersikap dan berkehidupan. Ilmu pengetahuan yang diberikan melalui pelajaran juga semuanya harus mencerminkan pendidikan karakter. Disitulah anak akan dididik menjadi manusia yang baik. “Di Kolaka sudah ada sekolah yang secara tidak langsung menerapkan hal itu (PPK, red), dimana peserta didik diajarkan disiplin, lingkungan hingga berwirausaha,” terangnya.
Menurutnya, untuk mendidik dan menanamkan sikap seperti di negara lain membutuh waktu yang tidak sedikit, harus secara kontinyu dan konsisten. Ia mencontohkan, orangtua di Australia tidak pusing jika anaknya belum bisa baca tulis, karena itu akan dikuasai dalam enam bulan ke depan, tetapi sikap disiplin dan pembentukan karakter diterapkan sedini mungkin, karena mereka tahu itu lebih penting dari sekedar baca tulis diusia 3 hingga 5 tahun.
“Saya lama di luar negeri, jadi mengetahui bagaimana mereka (warga negara asing, red) menerapkan pendidikan karakter. Di Jepang, sekitar 30 persen guru muda mengundurkan diri karena tidak mampu (terapkan pendidikan karakter, red),” tandasnya. (wir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top