SULSELBAR

Insentif Rp1 Juta Jika Mencapai Sembilan Indikator Kinerja

Suasana kemeriahan pemilihan RW serentak di Kota Makassar, belum lama ini.

KOLAKAPOS, Makassar–Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Bagian Pemberdayaan Masyarakat, telah memastikan pelantikan terhadap 5.969 Ketua RT/RW terpilih beserta 3.919 Penasehat RT/RW akan digelar 16 Juli 2017 mendatang. Selain insentif sebesar Rp1 juta jika memenuhi sembilan indikator kinerja, 5.969 Ketua RT/RW terpilih akan mendapat fasilitas berupa handphone android.
Kepala Bagian Badan Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Kota Makassar, Iskandar Lewa, mengungkapkan, Pemkot Makassar telah menganggarkan dana untuk pemberian insentif bagi para ketua RT/RW yang terpilih tersebut.
Insentif yang disiapkan berupa uang sebesar Rp1 juta per bulan. Namun untuk mendapatkannya, masing-masing Ketua RT/RW harus memenuhi sembilan indikator tingkat kerja.
“Sembilan indikator yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk memperoleh insentif tersebut yakni terkait Lorong garden (Longgar), Makassarta Tidak Rantasa (MTR), Bank Sampah, Retribusi Sampah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Sombere, Smart City, Administrasi RT/RW dan Control Sosial Activity,” papar Iskandar diberitakan Rakyat Sulsel, Selasa (11/7).
Selain itu, lanjut Iskandar, masing-masing Ketua RT/RW juga akan diberikan satu unit handphone android. Alat komunikasi ini nantinya digunakan untuk membuat laporan langsung ke lurah dan Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM). Laporan tersebut sebagai bahan evaluasi serta penilaian sembilan indikator kinerja masing-masing.
“Jadi, tidak semuanya mendapat Rp1 juta per bulan. Ketua RT dan RW harus memenuhi sembilan indikator. Kalau HP, semuanya dapat. Itu untuk melaporkan aktifitasnya setiap hari ke lurah dan BPM,” jelasnya.
Kasubag Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bagian Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Kota Makassar, Syafran Dg Romo, menambahkan, seragam bagi Ketua RT/RW dan Penasihat RT/RW telah rampung.
Rencananya, pelantikan akan dilaksanakan 16 Juli mendatang. “Insya Allah seragam untuk mereka telah siap digunakan untuk dipakai saat pelantikan,” imbuhnya.
Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengaku telah menyediakan anggaran yang cukup untuk para penasehat wali kota, untuk RT dan RW yang jumlahnya sebanyak 3.919 orang. Penasehat wali kota ini diharapkan dapat benar-benar membantu menyukseskan program pemerintah kota dalam mewujudkan Makassar dua kali tambah baik.
“Kita tentu sediakan anggarannya. Tapi saya belum bisa pastikan soal teknisnya dan berapa besarannya,” ujar Danny, beberapa waktu lalu. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top