KOTA KENDARI

Vonis 15 Bulan Penjara untuk Mantan Komisioner KPU Konsel

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Kendari–Setelah melaluiu proses persidangan, nasib dua mantan komisioner KPUD Konsel, Yusran dan Sutamin Rembasa diketuk palu kemarin (11/7). Keduanya divonis hukuman 15 bulan kurungan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kendari.

Dalam pembacaan putusan tersebut, majelis hakim yang diketuai oleh Irmawati Abidin mengatakan jika terdakwa secara terbukti bersalah atas kasus dugaan korupsi rental mobil fiktif melalui dana hibah penyelanggaran pemilihan Bupati Konsel 2016 lalu. “Menyatakan terdakwa bersalah dan menjatuhkan vonis, selama satu tahun tiga bulan kurungan penjara. Serta denda Rp 50 juta, subsider satu bulan penjara apabila terdakwa tidak dapat membayar denda,” jelas majelis hakim Irmawati Abidin.

Putusan yang diberikan oleh majelis hakim ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni satu tahun sepuluh bulan penjara. Irmawati menjelaskan jika putusan itu diambil karena terdakwa dinilai telah melakukan tindakan kooperatif selama proses persidangan berlangsung.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Andoolo, Konsel, Desy mengungkapkan jika pihaknya akan menggunakan waktu tujuh hari untuk melakukan koordinasi dengan pimpinannya terkait putusan majelis hakim. “Kalau terbukti iya, tetap pada pasal 3 sesuai dengan tuntutan kami. Yang beda itu hanya pidana penjaranya saja sama subsidernya itu kan kami tuntut tiga bulan, tapi majelis putus jadi satu bulan,” ujarnya.

Darwis, kuasa hukum terdakwa Yusran mengaku jika pihaknya tidak menutup kemungkinan akan melakukan banding atas hasil putusan majelis hakim. “Tidak menutup kemungkinan akan banding, tapi kita akan konsultasi dulu. Apakah kita akan terima hasil ini atau tidak,” singkatnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top