METRO KOLAKA

Warga Watubangga Temukan Mortir

Anggota Polsek Watubangga saat memperlihatkan benda yang diduga mortir di desa Lamunde kecamatan Watubangga.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Masyarakat kecamatan Watubangga kabupaten Kolaka gempar dengan penemuan benda bulat berukuran sekitar 40 cm yang diduga mortir aktif di lahan kosong milik warga. Benda yang menyerupai mortir yang diduga peninggalan zaman penjajahan ditemukan di lingkungan satu desa Lamunre kecamatan Watubangga minggu (9/7).

Kapolsek Watubangga IPTU Muh. Salman saat dikonfirmasi Kolaka Pos mengatakan
awal mulanya penemuan benda bulat mirip mortir ditemukan oleh Nandar warga lingkungan 1 desa Lamunre saat menggembala sapi di sekitar bangunan eks Hoyomas sekitar pukul 11. 00.

“Warga melihat ada benda yang mengepul dan mengeluarkan percikan api, setelah mendekat tenyata benda tersebut mirip mortir yang mengepul karena terkena panas matahar di sebuah lahan kosong,” katanya.

Lanjut kata Salman setelah melihat benda aneh tersebut warga langsung melaporkan ke Polsek watubangga. Kemudian setelah mendapat informasi anggota Polsek Watubangga langsung mendatangi tempat kejadian dan mendapatkan hanya satu benda mirip mortir. Setelah melakukan pengecekan teryata memang benar benda tersebut bahan peledak.

“Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan yang kemingkinan bisa terjadi ledakan sementara saat ini masih kesulitan menghalau aktivitas ternak yang ada di sekitar lokasi yang kerap berkeliaran. Karena jangan sampai ada bahan peledak lainya di sekitar benda mirip mortir tersebut,” tambahnya.

Menurut salman saat ini Polsek watubangga sudah memberikan garis polisi dan untuk mencegah masyarakat mendekati dengan radius 100 meter.

“Saat ini polsek watubangga masih menunggu tim penjinak bahan peledak dari bromob polda sulawesi tenggara,” katanya (dan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top