KOLAKA UTARA

Ratusan CJH Kolut Diminta Jaga Kesehatan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Lasusua–Bulan depan 150 calon jamaah haji (CJH) Kolaka Utara sudah dipastikan akan berangkat ke Arab Saudi. Untuk itu, para CJH diminta untuk menjaga kesehatan, agar ketika menunaikan ibadah haji bisa lebih khusyu.
Kepala Kemenag Kolut Baharuddin menjelaskan, kesehatan sangat penting diperhatikan bagi para CJH. Selain itu, para CJH juga diberi pembekalan melalui manasik yang dilaksanakan 10 kali pertemuan, dua kali pertemuan di kantor Kemenag sementara delapan kali pertemuan akan dilaksanakan di empat Kantor Urusan Agam (KUA), yakni KUA Lasusua, Kodeoha, Ngapa dan Pakue.
“Dalam manasik ini calon jamaah haji akan mendapatkan bimbingan tentang cara Ibadah haji dan umroh, pembekalan tentang proses pemberangkatan calon jamaah haji, diharapkan para calon jemaah untuk tidak cuek dan mengkuti semua materi tentang manasik, karena manasik sangat penting selain itu buku bimbingan manasik haji tersebut juga harus dipelajari dengan baik, sehingga proses ibadah haji dan umroh bisa berjalan lancar dan para jemaah menjadi haji yang mabrur,” katanya.
Lebih lanjut dia menuturkan, para jemaah haji Kolaka Utara yang tergabung dalam kloter 21 dengan embarkasi Ujung Pandang dengan bergabung dengan para jemaah dari kabupaten Bombana sebanyak 102 orang, Wakatobi 117 orang, Muna 69 orang, Butur 9 orang dan Kolaka Utara 150 orang, dengan jumlah keselurahan kloter 21 450 orang.
“Para jemaah diharapkan bisa mandiri tidak tergantung pada lima orang pendamping ibadah haji, karena 450 orang jemaah akan didampingi oleh 5 orang,” terangnya.
150 CJH Kolut ini berasal dari kecamatan Ranteangi 4 orang, Lambai 7 orang, Lasusua 36 orang, Kodeoha 19 orang, Ngapa 59 orang, Watunohu 11 orang, Pakue 12 orang dan Pakue Utara 2 orang.
Para jemaah akan berangkat pada 14 Agustus melalui pelabuhan Katoi menuju Makassar, kemudian 15 Agustus akan masuk dalam asrama haji dan 16 Agustus bertolak ke Arab Saudi,” terangnya.
Sementara itu, Plh Bupati Kolaka Utara Iskandar menyatakan, jumlah daftar tunggu ibadah haji yang dimiliki Kolaka Utara kurang lebih 2000 orang, sehingga jika setiap tahunnya berangkat hanya 150 orang maka akan berangkat pada 11 tahun yang akan datang.
“Bersyukurlah para jemaah yang berangkat musim haji kali ini dan manfaatkan dengan baik manasik haji, sehingga mampu melaksanakan ibadah haji dengan baik dan kembali menjadi haji mabrur,” harapnya. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top