POLITIK

Rekomendasi Turun, PBB dan Hanura Buka Penjaringan Balon Wali Kota Bengkulu

KOLAKAPOS, Bengkulu–Partai Bulan Bintang (PBB) dan Hanura mulai membuka penjaringan untuk balon Wali Kota pada Pilkada 2018 mendatang.
Hal ini dipastikan setelah pengurus masing-masing partai, telah mendapatkan rekomendasi dari DPP masing-masing guna terlibat penuh dalam penjaringan calon kursi BD 1 A tersebut.
Diungkapkan Ketua DPC PBB Kota Bengkulu, Drs. H. Firdaus, walaupun PBB hanya memiliki 1 kursi di DPRD Kota Bengkulu, namun PBB masih tetap diperhitungkan partai lain.
Pasalnya menurutnya 1 kursi bisa jadi lebih mahal dibandingkan banyak kursi di parlemen. Karena saat ini di DPRD Kota Bengkulu belum ada satu partai politik (parpol) pun yang memiliki kursi penuh untuk mengusung pasangan kepala daerah.
“Selain itu juga, PBB juga sering berkomunikasi dengan berbagai tokoh dan kandidat bakal calon (balon) walikota, hal ini yang menyebabkan PBB memutuskan untuk membuka penjaringan. Penjaringan ini akan dibuka hingga 25 Juli mendatang, baik pengambilan berkas maupun pengembalian berkasnya,” ujar Firdaus.
Menurut Firdaus, pendaftaran dan penjaringan kandidat balon wali kota dan wakil wali kota ini, dibuka seluas-luasnya. Dalam artian kader ataupun non kader memiliki peluang yang sama untuk diusung PBB yang memiliki 1 kursi di DPRD Kota Bengkulu.
“Tapi pada masing-masing kandidat harus melengkapi syarat yang telah ditetapkan. Kemudian bagi yang sudah mendaftar, wajib mengikuti fit and proper tes, serta mekanisme penjaringan lainnya,” kata Firdaus.
Terpisah, Sekretaris DPC Hanura Kota Bengkulu, Nurman Sohardi, SE menyampaikan, dalam penjaringan Parpolnya juga telah membentuk tim 5. Masa pendaftaran dimulai hari ini dan berakhir 31 Juli mendatang.
“Pengembalian berkas juga dalam tenggat waktu tersebut. Nantinya para kandidat yang mendaftar kita minta memaparkan visi dan misi, karena kita ingin melihat sejauh mana keseriusan para kandidat,” terangnya.
Dia menambahkan, dalam penjaringan masing-masing kandidat akan mengikuti beberapa tahapan yang telah ditetapkan. Kemudian untuk mendaftar ke Hanura, masing-masing kandidat harus melengkapi sejumlah persyaratan.
“Seperti surat keterangan tidak terlibat hutang secara pribadi, pernyataan bersedia mundur dari ASN ataupun anggota DPRD, serta beberapa syarat lainnya,” singkat Nurman. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top