MUNA

Rusman Emba Dorong Kerjasama Antar Kepulauan

Bupati Muna LM Rusman Emba

KOLAKAPOS, Raha–Bupati Muna LM Rusman Emba menginginkan kabupaten Muna dan Buton, semakin mempererat kerjasama dibidang pendidikan, ekonomi, perbaikan infrastruktur, pelayanan kesehatan, pelatihan keterampilan kerja, peningkatan akhlak dan moral, peningkatan aksesibilitas serta hal-hal strategis lainnya. Dengan harapan kerjasama yang dibangun antar pemerintahan kawasan kepulauan di wilayah provinsi Sultra ini menjadi pelaku pembangunan yang disegani dan diteladani di dalam negera kesatuan republik Indonesia maupun masyarakat dunia. Hal tersebut dikemukakan pasangan Abdul Malik Ditu ini, saat memberikan pidato di Dies Natalis dan wisuda lulusan program Sarjana dan Pascasarjana ke 35 Universitas Dayanu Ikhsanuddin, di kota Bau-Bau, beberapa waktu lalu.
“Melalui mimbar ini saya ingin mendorong kerjasama antar kawasan kepulauan,” ucap Rusman.
Eks wakil ketua komite I DPD RI ini menilai, Muna dan Buton memiliki ragam potensi baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM), yang jika dikelola secara baik maka Rusman yakin wilayah-wilayah kepulauan Sultra dapat menjadi pelaku utama perekonomian dan perpolitikan Nasional.
“Sebagai daerah yang bersaudara tentu kita memiliki impian dan tujuan yang sama, yakni bagaimana masyarakat di kawasan memiliki kemandirian ekonomi dan politik,” katanya.
Rusman menambahkan, peluang kebijakan presiden Joko Widodo tentang tol laut dan pengembangan kawasan maritim harus direspon, sebagai peluang pengembangan ekonomi di kawasan kepulauan.
“Kita memiliki garis pantai yang luas, lahan pertanian yang subur serta potensi wisata yang indah dan mempesona. Potensi ini jika dikelola secara baik maka kami yakin bahwa kawasan kepulauan akan menjadi salah satu tulang punggung ekonomi di kawasan regional maupun nasional,” terangnya.
Dikesempatan itu pula, Rusman mengajak seluruh masyarakat, wisudawan dan wisudawati, akademisi serta jajaran pemerintahan Muna dan Buton, agar senantiasa mengucap syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan ilmu pengetahuan yang diberikannya. Sebab masyarakat kepulauan Buton tidak lama lagi akan menjadi daerah otonomi baru sebagai Provinsi Kepulauan Buton. “In Syaa Allah sebentar lagi kepulauan Buton akan menjadi daerah otonom provinsi kepulauan Buton,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top