KOTA KENDARI

Sultra Target 2000 Orang Pemandu Wisata

Dines Pariwisata Sultra saat menggelar Bimtek Tour Laeder yang diikuti sekitar 400 perserta.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Guna mendukung Keparawisatawan di Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menargerkan 2000 orang pemandu wisata pada tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Kepala dinas Parawisata Sultra, Sahiruddin Nurdin.

 

“Harapannya di tahun 2019 Sulawesi Tenggara memiliki 2000 orang pemandu wisata tersertifikasi sebagai cikal bakal adanya tour leader tersertifikasi yang dibutuhkan oleh biro perjalanan wisata sebagai unsur wajib operator wisata menuju standar dan kompeten,” Katanya. (12/7).

Dikatakan, saat ini Sultra telah memiliki pemandu wisata sebanyak 1270 orang yang tersebar diwilayah destinasi wisata se Sultra. Dirinya juga mengaku telah melakukan berbagai upaya guna terus meningkatkan pemandu wisata di Sultra.

“Dari 1270 orang, Kita telah melakukan Pembinaan dan fasilitas bimbingan teknis dan sertifikasi pemandu wisata dengan total jumlah 530 sertifikasi dan 750 orang dalam tahapan pengusulan tersertifikasi,” katanya.

 

Ditambahkan dalam dunia pariwisata peran serta dan kontribusi seorang tour leader sangat penting demi kesuksesan sebuah kegiatan wisata.

“Karena seorang tour leader yang semula berprofesi sebagai tour guide adalah orang yang selalu berinteraksi dengan rombongan selama pelaksanaan wisata tersebut untuk seorang tour leader harus dapat dengan cepat beradaptasi dengan wisatawan dapat mengkoordinir keinginan seluruh wisatawan yang didampingi nya,” tandasnya (k1/b/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top