KOLAKA TIMUR

Belum Ditempati, Pasar Tirawuta Justru Kembali Dapat Bantuan

Kadis Perindagkop Koltim Sahibo saat menunjukan pembangunan pasar kecamatan tirawuta yang baru.FOTO:La Inga/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Pasar Kecamatan Tirawuta yang terletak di Desa Poni-poniki kembali mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Yakni, berupa pembangunan gedung baru yang terdapat empat lokal. Dimana empat lokal yang dibangun baru tersebut jumlahnya bisa mencapai ratusan losmen.
Pembangunan pasar kecamatan tersebut sudah berlangsung sekitar satu bulan. Bahkan untuk tiangnya sudah terpasang dengan rapi. Sementara untuk bangunan lamanya, hingga kini belum juga difungsikan. Padahal peresmian dilakukan sejak memasuki awal bulan 2017 lalu oleh Bupati Koltim Tony Herbiansyah. Belum ditempatinya gedung yang sudah jadi itu oleh para pedagang, dengan alasan kerena belum adanya aliran listrik.
Untuk bangunan yang baru dibangun tersebut, ternyata Koltim kembali mendapat bantuan dari pemerintah pusat miliaran rupiah. “Kalau saya tidak salah, anggaran yang digunakan untuk penambahan pembangunan pasar Kecamatan Tirawuta ini, kurang lebih sekitar Rp1,7 atau Rp1,6 miliar. Dan itu bersumber dari DAK APBN,” ungkap Kepala Disperindagkop Koltim Sahibo, saat ditemui di lokasi pembangunan pasar kecamatan Tirawuta, kemarin.
Dari total anggaran yang ada katanya, akan dilakukan pembangunan hingga selesai. Tak terkecuali dengan listriknya. Itu akan ditanggung oleh pemerintah daerah. “Kalau listriknya, nanti pemerintah daerah yang siapkan. Pemerintah pusat hanya berupa fisik atau bangunan saja sampai selesai,” katanya.
Ia berharap, dengan adanya pasar tersebut bisa menjawab keinginan para pedagang maupun masyarakat selama ini. Selain itu, para pedagang bisa tertampung dan roda perekonomian khususnya Kolaka Timur makin maju.
“In Syaa Allah. Akan secara bersama dengan gedung lama penggunaannya. Karena rencananya, pasar kecamatan Tirawuta ini akan dimanfaatkan tiap hari, sehingga selain menambah gedung baru, kami harapkan juga telah menambah peluang baru kepada masyarakat untuk berdagang demi terciptanya kesejahteraan,” tutupnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top