SULSELBAR

Warga Pulau Andalkan Genset Bantuan Pemkot Makassar

KOLAKAPOS, Makassar–Kecamatan Sangkarrang sebagai satu-satunya kecamatan yang wilayahnya terpisah daratan dengan Kota Makassar, tentu saja memiliki persoalan tersendiri. Salah satunya adalah persoalan tenaga listrik, sebab jaringan listrik dari PLN tidak memungkinkan mengaliri wilayah Sangkarrang.
Pemerintah kecamatan harus menyiapkan sumber tenaga listrik sendiri untuk memenuhi kebutuhan listrik warganya. Seperti di Kelurahan Kepulauan Barrang Lompo, pasokan tenaga listrik hanya mengandalkan pembangkit listrik dari mesin genset. Itupun hanya mampu mengaliri rumah warga selama 12 jam saja, yakni pada sore hari dan padam kembali di pagi hari.
Sebagai wujud perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, kini warga Pulau Barrang Lompo mendapat bantuan mesin pembangkit listrik tenaga genset. Dalam hitungan hari, mesin genset sumbangan dari Pemkot Makassar tersebut segera dioperasikan dan dapat dinikmati warga.
Camat Sangkarrang, Firnandar Sabara, membenarkan adanya sumbangan pembangkit listrik tenaga genset yang merupakan bantuan dari Pemkot Makassar.
“Iya, saat ini warga Kepulauan Barrang Lompo secara bersama-sama melakukan persiapan pengaktifan mesin genset tersebut sebagai penunjang untuk pasokan kebutuhan listrik warga,” ujarnya diberitakan Rakyat Sulsel, Jumat (14/7).
Firnandar mengatakan, selain memenuhi kebutuhan listrik warga, pengoperasian mesin genset ini sekaligus untuk membantu mesin yang lama. Karena, kondisi mesin yang lama sudah tidak mampu lagi untuk mencukupi kebutuhan listrik warga, terutama pada saat beban puncak.
Diketahui, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menyalurkan bantuan berupa genset ke beberapa pulau yang ada di Makassar, dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik di wilayah kepulauan dan masuk ke dalam wilayah Kota Makassar yang belum terjangkau jaringan PLN.
Pulau yang mendapatkan bantuan tersebut, diantaranya Pulau Lae-lae, Pulau Barrang Caddi, Pulau Barrang Lompo, Pulau Bone Tambung dan Pulau Langkai.
“Selama ini beberapa pulau di wilayah Makassar memang belum terlayani jaringan PLN, sehingga Pemkot Makassar melalui Dinas PU diminta memberikan bantuan berupa genset listrik,” terang Humas PU Kota Makassar, Hamka Darwis. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top