KOLAKA TIMUR

Kadis Dikmudora Koltim Serukan Pentingnya Kedisiplinan Guru

Ilustrasi guru.

KOLAKAPOS, Tirawuta–Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Koltim, Surya Hutapea, nampaknya tidak main-main menyerukan agar guru lebih disiplin dalam mencerdaskan anak didiknya.
Bahkan Surya Hutapea tak segan, bakal memberi sanksi jika ada guru atau kepala sekolah dasar yang menamatkan muridnya tapi belum tahu membaca.
“Soal adanya edaran yang membolehkan pihak SD untuk menamatkan muridnya agar bisa belajar membaca di SMP, agar ditahan dan tak boleh diberlakukan di Koltim,” jelasnya.
Ia menambahkan, pihak sekolah harus tegas menerapkan aturan demi kepentingan dunia pendidikan di Koltim dan kecerdasan anak-anak didik. Tak hanya itu, selain meningkatkan kecerdasan, guru dan orang tua harus menggenjot ahlak, keimanan dan ketakwaan dari anak didik sejak usia dini.
Menurutnya, guru adalah semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid baik secara individual maupun klasikal, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Ini berarti bahwa seorang guru minimal harus memiliki dasar-dasar kompetensi sehingga memiliki wewenang dan kemampuan dalam menjalankan tugasnya, terutama agar dapat meningkatkan suasana belajar yang kondusif. (m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top