KOTA KENDARI

Tingkatkan Tali Persaudaraan, Kekal Kendari Gelar Halal Bi Halal

Ketua Kekal Hado Hasina Saat Menyampaikan Sambutan.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Guna lebih mempererat tali silahturahmi Kerukunan Keluarga Kaledupa (Kekal) Kendari menggelar Halal Bi Halal disalah satu Hotel di Kendari. Minggu (16/7).

Menurut Ketua Kekal Kendari, Hado Hasina mengatakan tema yang diangkat adalah dengan semangat halal bi halal Kekal Kendari meningkatkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathania.

“Kita utamakan dalam acara ini untuk meningkatkan nilai persaudaraan orang Kalidupa di negeri rantau dalam hal ini di Kota Kendari, apalagi ini baru selesai idul firti jadi kita saling berjabat tangan maaf memaafkan,” katanya ungkap Hado dalam sambutannya.

Disebutkan kegiatan yang diikuti ratusan orang tersebut murni swadaya dari para anggota Kekal, terkecuali Hadiah lomba haroa yang berasal dari dirinya secara pribadi.

“Perlu dilihat bahwa untuk melibatkan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini ditempat lain itu susah, tapi ini hanya lewat WA semua bisa terkimpul , itu ibu-ibu tidak tidur untuk menyiapkan sajian, itulah kelebihannya kami,” katanya.

 

Dikatakan dalam menjalani hidup orang Kaledupa memiliki Visi gau satoto yang artinya tidak akan mengambil hak orang lain dan haknya juga tidak diambil dangan memengan teguh tiga prinsip yakni Turu, patuh kepada ajaran Al Quran, Sunah, dan Ulil Amri, Tara artinya sabar, kuat tidak mudah menyerah dalam kondisi apapun dan Toro artinya lurus, bersih dapat dipercaya, dan tidak lupa terhadap jasanya orang lain.

“Orang Kaledupa itu kalau jadi pemimpin insyaallah dapat dipercaya, kalau menjadi staf dia akan patuh terhadap pemerintah, dengan memengan prinsip itu. Selama ini pernahkah ada orang Kalidupa yang minta jabatan, tidak pernah kecuali di tunjuk, dan ketika terjadi masalah kalau pemimpin sudah turun tangan pasti akan selesai dan semua akan patuh,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Silaturahmi tidak boleh putus, apapun yang dilakukan harus tetap menjadi tali persaudaraan, apalagi di Kendari ini,” ujarnya.

Menurutnya, orang Wakatobi secara menyuluruh adalah orang-orang yang konsisten pada prinsip mereka. “Kita harus bangga dengan orang-orang Kaledupa karena punya kemampuan intelektual yang hebat. Ada disemua lini di Sultra dan berkontribusi pada pembangunan,” tutupnya.

Diinfokan, dalam acara tersebut turut hadir mantan Bupati Wakatobi, Hugua dan Mantan Gubernur Sultra, Ali Mazi. (k1/c/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top