METRO KOLAKA

Kejari Panggil Pimpinan Perusahan–Karyawan Wajib Daftarkan BPJS Ketenagakerjaan

KOLAKAPOS, Kolaka–Kejaksaan Negeri (Kejari) memanggil sejumlah pimpinan perusahaan yang beroperasi di Kolaka. Pasalnya, hingga saat ini masih ada sejumlah perusahaan yang belum mendaftarkan tenagakerjanya diperlindungan BPJS Ketenagakerjaan.
Kasidatun Kejari Kolaka, Eka Prasetya Saputra menegaskan, perusahaan agar untuk segera mendaftarkan badan usaha dan karyawannya dalam perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

”Ini merupakan amanah Undang-undang No 24 Tahun 2011, jadi wajib untuk dipatuhi, kalau tidak mau juga untuk mendaftar maka akan ada sanksi sesuai aturan yang berlaku,”ungkapnya staf Kejari Kolaka, Eka yang didampingi IIN Febrina Madarina.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kolaka, Bachtiar Asyhari menuturkan, bahwa ini adalah pemanggilan perdana yang dilakukan dari hasil MOU antara Kejaksaan Negeri Kolaka dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Nantinya akan adalagi beberapa kasus yang akan kami SKK kan ke kejaksaan Negeri Kolaka, terkait beberapa perusahaan yang masih saja belum mau mendaftar, dan juga perusahaan piutang serta perusahaan yang masih mendaftarkan sebagian tenagakerjanya,” paparnya yang didampingi staffnya Ahmad Syawal.

Ia menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Sosial yang lahir dari amanah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 yang dibentuk oleh Negara hasil transformasi dari PT. JAMSOSTEK (Persero). Lembaga Badan Hukum Publik ini menyelenggarakan 4 program yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Program ini semua diikat oleh peraturan pemerintah yang tujuan utamanya adalah menjamin kesejahteraan sosial dan menjadi jembatan menuju kesejahteraan bagi pekerja diseluruh Indonesia,” katanya
(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top