BERITA UTAMA

Siswi Asal Kolaka Rebut Medali di Olimpiade Sains Nasional

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka, Drs.Salamansyah, M.Sc (tengah) saat mendampingi Nurul Dzakiyyah Handoko, pada ajang Olimpiade Sains Nasional yang berlangsung di Pekanbaru, Riau.

KOLAKAPOS, Kolaka–Sejarah baru dalam dunia pendidikan Kolaka ditorehkan siswi SMPN 2 Kolaka, Nurul Dzakiyyah Handoko, pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), yang berlangsung di Pekanbaru, Riau, awal bulan ini. Pasalnya, tahun ini peserta didik asal Bumi Mekongga, sukses mempersembahkan medali bagi tim Sultra dikancah nasional.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka, Sal Amansyah, yang turut mendampingi tim dalam ajang tersebut, sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan Nurul Dzakiyyah Handoko, dibidang IPS.
“Atas prestasi yang diraih peserta didik ini, perlu kita apresiasi perjuangan kerasnya untuk tampil maksimal hingga berhasil meraih sukses di tingkat nasional. Apalagi, lomba ini diikuti oleh seluruh pelajar se-tanah air. Kami berharap, dengan prestasi ini (medali perunggu di ajang OSN, red) tidak membuat kita menjadi terlena, tetapi harus berusaha untuk lebih maju. Pembinaan berjenjang yang telah dilakukan harus lebih baik lagi, terutama waktu pembinaan yang lebih panjang menjadi prioritas utama, dalam rangka mencapai target yang akan dicapai,” paparnya.
Selain itu, peserta didik harus lebih mendapatkan bimbingan intensif untuk dapat bersaing di tingkat nasional. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka menjalin kerjasama dengan Universitas Halu Oleo, yang selama ini menjadi partner dalam usaha peningkatan kompetensi akademik.
“Tentunya ada reward bagi sekolah yang siswanya berprestasi, yang disesuaikan kebutuhan sekolah. Misalnya perbaikan RKB atau perpustakaan. Ini dilakukan untuk mendorong supaya sekolah lebih peduli kepada ajang akademik,” bebernya.
Pihaknya terus berupaya mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, melalui terobosan-terobosan untuk bersaing di tingkat nasional hingga internasional. Sebab, lomba tersebut juga sebagai wahana bagi siswa untuk menumbuhkembangkan kompetensi akademik, guna mendorong keberanian bersaing secara sehat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kolaka.
“Ini juga dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan di Kolaka sebagai inovasi dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Selain itu, ajang tersebut juga dalam mencari bibit-bibit siswa berprestasi. Kita juga berharap ajang ini menjadi strategi, untuk mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa yang diharapkan tercipta pula atmosfer kompetisi secara sehat antar sekolah. Bahkan, sekolah berlomba-lomba untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran,” harapnya.
Sementara itu, Kabid Dikdas Kolaka, Mujabar menambahkan, guru juga harus pro aktif mengembangkan inovasi pembelajaran. Sehingga, siswa memiliki motivasi dan minat tinggi dalam menekuni pembelajaran, karena guru memegang peranan yang sangat strategis terutama dalam upaya membentuk watak, serta mengembangkan potensi peserta didik.
“Pendekatan-pendekatan kepada siswa harus ditingkatkan. Apalagi program utama bupati Kolaka adalah pendidikan,” tandas Mujabar yang didampingi staffnya, Ikbal. (wir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top