KONAWE SELATAN

65 CJH Konsel Ikut Manasik

Asisten 1 saat memberikan pengarahan kepada para JCH Konse

KOLAKA POS, Andoolo — Sebanyak 65 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengikuti kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Konsel, Selasa (18/7).

Kepala Kantor Kemenag Konsel Adnan Saudi mengungkapkan, kegiatan manasik haji ini bertujuan untuk mempermudah CJH, dalam melaksanakan ibadah di tanah suci nantinya.

“Dengan bekal ilmu pengetahuan dari kegiatan manasik, tentunya akan menjadi bekal JCH Konsel untuk digunakan di tanah suci,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut dia adalah manasik tingkat Kabupaten dan selanjutnya akan ada lagi manasik untuk tingkat Kecamatan dan terakhir di tingkat Provinsi.

“Sebelum manasik tingkat Kabupaten ini dilaksanakan, sebelumnya telah diadakan manasik mandiri di Kecamatan Tinanggea, Lalembuu, Ranomeeto dan Andoolo,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra, Abdul Kadir, mmengatakan, untuk Sultra masa tunggu jamaah haji yang ingin menunaikan haji adalah18 tahun, lebih rendah dari Provinsi Sulsel yakni 30 tahun dan Provinsi Aceh 21 tahun.

“Ibadah haji adalah rukun Islam yang ke lima. Adapun untuk melaksanakan ibadah haji pertama membayar ONH, kedua sehat jasmani dan rohani, ketiga memiliki pemahaman tentang pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir. Untuj itu hari ini dilaksanakan manasik haji,” jelasnya.

Abdul Kadir juga berpesan bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah haji agar betul-betul berniat untuk meraih keridahan Allah SWT, kemudian diupayakan menghafal doa-doa atau bacaan dalam ibadah haji, disiplin dalam masalah waktu yg telah diatur oleh panitia haji untuk JCH Indonesia.

“Semoga Bapak dan Ibu meraih haji Mabrur, amin,” imbuhnya.

Ditambahkan, Asisten satu Bidang Pemerintah dan Kesra H. Agusalim saat menghadiri bimbingan manasik Haji mengatakan, Allah telah memilih bapak ibu untuk menjadi tamu Allah.

“Untuk itu tolong dijaga sikap dan perilaku selama di tanah suci. Pemerintah Daerah juga akan memberi bantuan kepada jamaah haji, untuk jumlahnya tidak disebutan,” katanya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top