METRO KOLAKA

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Bantu petani Cabai

Kepala Dinas Tanaman pangan dan Holtikultura Kolaka Ir.La Ramuli saat memberikan bantuan kepada kelompok tani cabai di kecamatan Tanggetada FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Petani cabai Kolaka mendapat bantuan penyuluhan pengendalian hama cabai dan beberapa racun ramah lingkungan dari dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura. Kegiatan penyerahan bantuan dilakukan di Kecamatan Tanggetada.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulturan Kolaka Ir. La Ramuli kepada Kolaka Pos mengatakan bantuan yang diberiakan kepada petani lombok di empat kecamatan merupakan bantuan yang tujuanya ingin memberikan pemahaman pencegahan dan cara memusnahkan hama dengan menggunkan bahan yang ramah lingkungan.

“Jumlah keseluruhan lahan petani yang dibantu adalah 25 hektar di kecamatan Toari sembilan hektar, Kecamatan watubangga satu hektar, kecamatan Tanggetada 10 hektar dan kecamatan Samaturu lima Hektar,” ujar La Ramuli

Lanjut ia mangatakan untuk saat ini memang banyak petani di kolaka yang membudidayakan tanaman cabai, karena itu pemerintah Kabupaten membantu petani agar petani bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dengan melakukan pencegahan hama penganggu.

“Untuk hasil cabai di Kolaka saya kira lumayan. Bahkan ada petani di Wundulako dalam semusim penen ia bisa meraup untung hingga Rp200 jutaan. Pengembangan tanaman cabai pasti akan dilakukan, namuan karena saat ini cabai di kolaka banyak di serang hama. Kami dinas Tanaman pangan dan holtikulturan turun kelapangan untuk memberkan penyuluhan daa memberikan obat untuk mengendalikan gulma yang ramah lingkungan,” katanya

Harapan pemerintah kabupaten Kolaka kepada petani lombok bisa serius merawat tanamanya agar bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah bisa membawa perubahan pada tanaman cabai milik petani.

“Kalau petani serius merawat cabenya, insyaallah tanaman tersebut akan berbuah banyak dan yang mendapat untung adalah petaninya,” tuturnya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top