KOTA KENDARI

PPTP Kemenhan Sultra Gandeng Korem 143/HO Gelar Lomba PCTA.

Foto Bersama para peserta Lomba debat PPCTA.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–PPTP Kementrian Pertahanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja sama dengan  Korem 143/Halu Oleo kembali menyelenggarakan Lomba Debat Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat SLTA se Provinsi Sulawesi Tenggara di Aula Soedirma,  Selasa (18/7).

 

Komandan Korem 143/HO Kolonel Inf. Andi Perdana Kahar, S.H. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kadispora Provinsi Sultra Jaya Bhakti mengatakan, menyatakan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang diselenggarakan oleh Kemenhan ini merupakan salah satu metode yang efektif dalam menumbuhkan nilai-nilai bela negara  di kalangan pelajar.

“Di era globalisasi saat ini pelajar merupakan digital native yang lahir dan besar di era digital yang semuanya  serba instan. Sehingga Parade Cinta Tanah Air menjadi satu metode yang efektif untuk menumbuhkan nilai – nilai bela negara kepada para pelajar,”Katanya

 

Disebutkan, para pelajar harus lebih dimotivasi, sehingga meskipun mereka lahir di masa yang serba instan dan memanjakan fisik serta mobilitas ini mereka  tetap menyadari akan tugas dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik.

“Selain itu kegiatan PCTA ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air sejak dini, karena masa depan bangsa berada di tangan generasi muda, khususnya pelajar, sebutnya.

 

Ditambahkan, sebagai pihak  yang bertanggung jawab terhadap keutuhan negara, sudah seharusnya memberikan pemahaman kepada kaum muda khususnya para pelajar mengenai betapa pentingnya rasa cinta tanah air.

“sudah sepantasnya kita mencurahkan perhatian kepada pelajar, generasi penerus bangsa calon-calon pemimpin demi terwujudnya masa depan bangsa yang memiliki ketahanan nasional yang tangguh,” tambahnya

Senada dengan itu PPTP Kemenhan Provinsi Sultra Kolonel Inf. Budi Setiawan mengatakan, Parade Cinta Tanah Air, merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan RI yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan untuk mensosialisasikan dan menyampaikan pesan pembentukan karakter kepada generasi muda.

“Lomba kali ini diikuti oleh 62 peserta dari perwakilan 17 kabupaten/kota yang dengan mengusung tema Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme dan Pengaruh Negatif Media Serta Bahaya Narkoba,” ujarnya

 

Lebih jauh Kolonel Budi mengatakan, melalui kegiatan Parade Cinta Tanah Air ini para pelajar SMA se-Provinsi  Sultra mampu menumbuh kembangkan kemampuan berargumen secara lisan atau tulisan dalam rangka membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela Negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

“Kami berharap kegiatan PCTA dapat bermanfaat dalam membangun semangat bela negara dan cinta tanah air bagi para generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang untuk masa kini dan masa yang akan datang,” tandasnya. (k1/c/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top